Pesawaran Diguncang Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami

Ist
Ist

Gempa bumi tektonik berkekuatan 2, 5 Skala Richter dengan koordinat 5.4 dan 105.22 BT mengguncang wilayah 16 km tenggara Kabupaten Pesawaran pada kedalaman 10 km.


Gempa bumi tektonik yang terjadi pada Selasa (3/5) pukul 20.20 Wib merupakan jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan aktifitas sesar lokal tarahan dekat Gunung Berung Bandar Lampung.

Kepala Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wliayah II Tangerang Hartanto mengatakan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shake map) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Teluk Betung Bandar Lampung.

"Getaran tidak dirasakan kecuali keadaan luar biasa oleh beberapa orang, dan juga terlihat benda-benda ringan tergantung yang bergoyang. Namun hinga saat inu belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan dampak gempa bumi ini," kata Hartanto, Selasa (3/5).

Ia mengatakan hingga pukul 20. 40 Wib, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktifitas gempa bumi susulan, dan tidak berpotensi tsunami.

"Kepada masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaran. Pastikan informasi resmi hanya dari BMKG," pungkasnya.