BUMD Pesawaran Offline dan Onlinekan Usaha Rakyat Lewat Bundes Dan Rumah Kreatif




Selain pariwisata, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona terus menggeliatkan berbagai usaha masyarakat lewat badan usaha milik desa (bumdes) dan rumah kreatif.

Lewat perusahaan daerah (perusoda), PT Usaha Laba Jaya Utama, BUMD Kabupaten Pesawaran, kerjasama operasional dan produksi dengan bumdes, koperasi, UMKM, IKM, petani, nelayan, peternak, dll.

"Sehingga, kami bisa ikut menjawab aneka problematika usaha masyarakat," kata Direktur Utama Perusoda PT Usaha Laba Jaya Utama, Ahmad Muslimin.

[caption id="attachment_45094" align="alignnone" width="716"] BUMD Kabupaten Pesawaran kerjasama operasional dan produksi dengan bumdes, koperasi, UMKM, IKM, petani, nelayan, peternak, dlk/Foto Ahmad Muslimin.[/caption]

Dari desa ke desa, perusoda menyerap potensi dan kemudian merekruitmen pekerja ngabdi sosial (PNS) mitra BUMD Pesawaran dari generasi baby bombers, milenial, sampai "alfa", katanya.

Dicontohkannya, Bumdes Ceringin Asri, Kecamatan Wayratai, setelah berhasil memproduksi jamur tiram kini bundesnya memproduksi jamur tiram.

"Kami sebagai mitra bisnis Bumdes Ceringin Asri bekerjasama dalam pembuatan kemasannya (packing) sebelum dilepas pasar," kata Ahmad Muslimin.

[caption id="attachment_45095" align="alignnone" width="612"] BUMD Pemkab Pesawaran terus dukung usaha masyarakat lewat bumdes/Foto Ahmad Muslimin.[/caption]

Kepada Kantor Berita RMOLLampung, Senin (15/6), Ahmad Muslimin mengatakan pasarnya ke masyarakat dan industri secara offline dan online du dalam negeri maupun luar negri.

Rumah Kreatif

Perusoda PT Aneka Usaha Laba Jaya Utama juga mengembangkan rumah-rumah kreatif produktif sebagai market transit offline dan online di tiap tingkatan.

Terkait pembangunan Rumah kreatif produktif targetnya adalah terjalin kerjasama niaga antardesa dan daerah., kata Deputi Branch Manager (DBM) Perusoda PT Aneka Usaha Laba Jaya Utama Saputra.

Rumah-rumah kreatif produktif menjadi market transit offline dan online di tiap tingkatan.

Saat ini, DBM bersama Manager Bisnis dan Networking (MBN) Firdaus, S.Kom beserta staff marketing Teguh Santoso, A.Md telah mengaktifkan PNS Mitra BUMD pesawaran di delapan kecamatan.

Sedangkan GM telah mengaktifkan PNS Mitra BUMD Pesawaran-Kota Bandarlampung di Kelurahan Kaliawi, Kecamatan Tanjungkarang Pusat.

DBM dan MBN bersama staf yang telah menyerap potensi di beberapa desa, terkini akan membuka market hasil panen kapulaga varietas hibrida milik petani Desa Maja seluas kurang lebih 100n ha di Kecamatan Marga Punduh.

"Alhamdulillah PT Isam Riper dari DKI Jakarta siap untuk membeli kapulaga hibrida basah dari BUMD Pesawaran yang dikumpulkan dari petani yang kemudian diproses jadi kapulaga hibrida kering berkualitas ekspor," katanya.