Peserta UTBK SBMPTN Unila Wajib Antigen Jika Belum Vaksin Ke-2 atau Booster

Kepala Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila, Komarudin/Tuti
Kepala Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila, Komarudin/Tuti

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Lampung (Unila) akan dimulai besok, Selasa (17/5). Terdapat 5 lokasi tes, yakni UPT TIK, UPT Bahasa, FK, FEB dan FMIPA.


Kepala Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila, Komarudin mengatakan Unila telah siap melaksanakan UTBK SBMPTN mulai dari perangkat komputer dan jaringan, hingga server. 

"Kita siapkan 730 unit komputer, ditambah 75 cadangan. Disiapkan juga genset generator listrik untuk antisipasi mati lampu, serta puluhan petugas untuk membantu berjalannya UTBK," kata Komarudin, Senin (16/5). 

Menurutnya, UTBK SBMPTN di Unila dibagi dalam dua sesi perharinya, kecuali hari Jumat hanya satu sesi. Pada sesi pertama diharapkan peserta datang lebih awal yakni pukul 06.00 WIB. 

"Karena ada protokol kesehatan yang harus dilalui, sehingga diminta datang lebih awal," ujarnya. 

Lanjutnya, peserta wajib memasang Aplikasi PeduliLindungi pada ponselnya. Peserta asal Lampung minimal telah vaksin doses 2, sementara luar Lampung harus vaksin doses 3, jika tidak maka peserta wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam. 

"Penerapan protokol kesehatan ini telah sesuai dengan arahan Pemerintah Provinsi Lampung," jelasnya. 

Komarudin juga mengimbau kepada para peserta untuk membawa kartu peserta dan kartu indentitas. Agar membuktikan jika yang bersangkutan memang betul ikut tes. 

"Peserta ujian itu yang penting rileks, semuanya prosedur dipenuhi. Rileks saja supaya bisa menghadapi ujian besok hari," ujarnya.