Pesisir Barat Raih Penghargaan KLA Kategori Pratama dari Kementerian PPA

Penyerahan Penghargaan KLA/ Ist
Penyerahan Penghargaan KLA/ Ist

Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB), Budi Wiyono, berhasil meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, di Mahan Agung Kota Bandar Lampung, Selasa (2/8).


Bupati Agus Istiqlal melalui Kepala DP3AKB, Budi Wiyono, mengatakan bahwa penghargaan tersebut wujud simbolis bagi semua pihak, untuk terus memberikan rasa nyaman, aman, dan bahagia untuk seluruh anak.

"Terima kasih kepada Kemen-PPPA, dan Pemprov Lampung atas penghargaan yang diberikan. Terima kasih kepada semua yang terlibat dan bersinergi dalam menciptakan Pesibar sebagai daerah layak anak," ujarnya.

Atas pencapaian tersebut, Gubernur menyampaikan apresiasi terhadap Bupati/Wali Kota yang sudah mewujudkan KLA dan meraih penghargaan.

"Satu hal yang harus diingat bahwa penghargaan adalah sebuah bonus. Karena  yang terpenting kita bisa bekerja maksimal untuk masyarakat, khususnya anak-anak," ungkap Gubernur.

Gubernur juga menyatakan bahwa peringatan Hari Anak Nasional (HAN) merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi semua pihak dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. 

Tema HAN Tahun 2022 adalah 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju'. Tema tersebut, menurut Gubernur sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk mendorong berbagai pihak dalam memberikan kepedulian langsung ditengah-tengah masyarakat untuk memastikan anak-anak tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak pada pasca pandemi Covid-19.