Pesona Pantai Embe Kalianda Lampung yang Dikelola Bakrie Group 

Pengunjung Pantai Embe/ Faiza
Pengunjung Pantai Embe/ Faiza

Provinsi Lampung tak pernah kehabisan stok lokasi wisata pantai yang Indah dan menarik. Salah satunya yakni Pantai Embe yang terletak di Jl. Trans Sumatera KM 45, Desa Merak Belantung, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. 


Embe sendiri adalah singkatan dari nama desanya, Merak Belantung atau MB yang lebih mudah disebut Embe. Pantai dengan pasir putih dan bersih ini dikelola oleh Grand Elty Krakatoa yang dikelola oleh Bakrie Group. 

Sehingga, pantai ini dikelola secara profesional dengan fasilitas lengkap. Mulai dari area parkir, mushola, bumi perkemahan, food area dengan berbagai jenis makanan dan minuman serta toilet yang rapi dan bersih. 

Selain itu, terdapat spot foto menarik, penyewaan ban, pondokan, ada area bermain untuk anak, outbond track bagi wisatawan yang berkunjung. 

Berdasarkan pantauan Kantor Berita RMOLLampung, Sabtu (23/10), hanya perlu satu hingga satu jam setengah untuk tiba ke Pantai Embe dari pusat Kota Bandar Lampung menggunakan sepeda motor. 

Pengunjung Pantai Embe/ Faiza

Ketika tiba di plang kawasan Grand Elty, pengunjung hanya perlu belok kanan menyusuri jalan aspal dengan pemandangan pohon rindang dan kebun jagung. 

Setelah melewati beberapa pantai, mulai dari Pantai Bagus, Pantai Senja Merak Belantung dan Pantai Sapenan barulah tiba di Pantai Embe.

Pengunjung hanya perlu membayar Rp35 ribu per orang untuk masuk. Namun, jika pengunjung ingin berfoto di lokasi khusus spot foto, maka perlu menambah Rp5 ribu. Kemudian biaya parkir motor Rp5 ribu dan parkir mobil Rp10 ribu. 

Setelah itu, pengunjung dapat langsung menikmati indahnya pasir putih yang dikelilingi pohon-pohon rindang serta deburan ombak yang mengajak pengunjung tak ingin lepas bermain air. 

Pengunjung Pantai Embe/Ist

Salah satu pengunjung yang datang dari Baturaja, Sumatera Selatan, Retnoningayu Janji Utami mengatakan, harga Rp70 ribu untuk dua orang dan parkir motor tergolong murah untuk fasilitas lengkap yang disediakan, terutama toilet yang bersih. 

"Karena jarang ada pantai yang toiletnya bersih dan nyaman. Jadi untuk harga segitu masih masuk akal, tadi sempat ketinggalan kunci motor di parkiran, baru sadar pas mau pulang ternyata disimpan oleh penjaga parkirnya, jadi aman banget," kata dia. 

Ia berharap, Pantai Embe terus menjaga nuansa pantai alaminya meski nantinya terus menambah bangunan atau fasilitas lainnya. 

"Karena pantai alami itu jadi daya tarik tersendiri, kebanyakan diubah bisa bikin kurang bagus juga," tambahnya. 

Sementara itu, warga Labuhan Ratu Bandar Lampung Silviana mengatakan, menikmati rekreasi singkatnya di pantai ini. Menurutnya, Pantai Embe sangat cocok untuk menghabiskan wakti bersama keluarga, teman maupun pasangan. 

"Lain kali mau ngajak keluarga aku untuk ke sini lagi karena tempatnya nyaman, walaupun ramai tapi tetap bisa untuk quality time," katanya.