Pilihan Ganjar Pranowo Siap Maju Pilpres 2024 Dinilai Realistis

Ganjar Pranowo/ Ist
Ganjar Pranowo/ Ist

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan siap maju menjadi Calon Presiden (Capres) 2024 pada Pilpres 2024. Sampai saat ini, kesiapan Ganjar itu belum disambut baik oleh PDI Perjuangan partai asalnya.


Merespons hal itu, Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago menilai kesiapan Ganjar untuk menyatakan diri untuk maju sebagai capres realistis.

Argumentasi Arifki, sampai saat ini elektabilitas Ganjar dari berbagai lembaga survei selalu masuk tiga besar, tetapi belum ada juga partai yang secara resmi mendukungnya sebagai Capres.

Ia melihat, Ganjar membaca keinginan publik yang tinggi terhadap dirinya agar maju sebagai calon presiden di tahun 2024.

Argumentasi kedua, Ganjar semakin percaya diri untuk menyatakan diri sebagai capres, setelah Anies Baswedan yang tidak memiliki partai sudah dideklarasikan oleh Nasdem sebagai Bakal calon presiden (Bacapres).

Menurut Arifki, Ganjar hanya punya pilihan menunggu keputusan PDI P mendukungnya atau melirik partai lain seperti KIB yang terdiri PPP, PAN dan Golkar. Apalagi, kader-kader di PAN dan PPP tidak sungkan menyatakan dukungan.

“Sebagai kader partai Ganjar ingin mendapatkan “privilagenya”, tetapi seolah-olah saat ini Anies lebih baik darinya karena sudah jelas partai yang akan mengusungnya”, ujar Arifki.

Dalam pandangan Arifki, Ganjar memang seharusnya mengikuti dukungan publik untuk maju sebagai capres di tahun 2024. Kata Arifki, kesempatan ini tidak akan didapatkan oleh Ganjar jika menunggu di tahun 2029. Sebab, Ganjar akan berhadapan dengan petahana yang menang di Pilpres 2024.

"Pilpres 2024 yang kembali lagi ke posisi nol, dimana tidak ada petahana yang maju sebagai capres dan cawapres, momentum ini lebih baik dimanfaatkan Ganjar dengan cepat dan tepat," pungkas Arifki.