Pilkada 3 Kabupaten Terancam Batal, KPU Minta Pemkab Gelontorkan Dana

Akibat tidak mengalokasikan tambahan anggaran APBD, tiga daerah yang akan melaksanakan pilkada di Lampung bisa terancam batal.


Ketiganya adalah Lampung Timur, Lampung Selatan, dan Lampung Tengah.

Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami mengatakan, hingga Jumat (26/6) tiga daerah tersebut belum mengajukan penambahan dana APBD.

Namun, Sabtu (27/6) Bupati Lampung Tengah sudah melakukan disposisi membahas kembali anggaran dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

"Di Lampung Selatan hari ini ada pembahasan kembali," tambahnya, Senin (29/6).

Dana APBN sudah ada yang masuk di aplikasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (Sakti), namun pihaknya masih menunggu petunjuk teknisnya.

"Anggarannya pasti diusulkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) karena KPU gak terima uang, ada beberapa proyeksi anggaran APBN yang akan masuk ke KPU Kabupaten dan Kota," ujarnya.

Namun, meski dana tersebut turun, itu belum mencukupi untuk tiga daerah yang tidak mengajukan APBD. Dana yang kurang masih cukup signifikan, katanya.

"Makanya kami berharap pemda khususnya Lamtim, Lamteng dan Lamsel ada alokasi, kami memaklumi kekurangan anggaran di daerah, tapi ada support lah dari APBD, tidak nol sama sekali," ujarnya.

Erwan melanjutkan, penambahan anggaran ini bukan keinginan KPU, namun karena kondisi Covid-19. Terutama memprioritaskan keselamatan penyelenggara, pemilih, peserta dan semua pihak yang terlibat.