Pj Kakon Umbar Terindikasi Terlibat Sosialisasi Bakal Calon

Tahapan Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) serentak di Tanggamus sudah dimulai sejak 2 Januari 2020. Untuk pendaftaran calon dimulai 3-9 Februari bulan depan.


Berbagai cara dan upaya sudah dilakukan para bakal calon untuk menarik simpati masyarakat calon pemilih.

Seperti yang dilakukan satu dari 5 bakal calon Kepala Pekon Umbar, Kecamatan Kelumbayan Barat.

Ia melakukan sosialisasi dengan memanfaatkan Penjabat Kepala Pekon (Pj Kakon) Umbar untuk mendampinginya menyosialisasikan diri dengan warga setempat.

Menurut warga yang namanya tidak mau dipublis, dengan menggunakan masker, diduga Bazari, Pj Kakon Umbar, terlihat mendampingi salah satu bakal calon kakon untuk mensosialisasikan diri di hadapan warga dusun 2 pekon setempat.

"Bazari selaku Pj Kepala Pekon Umbar, diduga tidak netral dalam Pilkakon ini. Seharusnya dia yang mengedukasi warga, bukan malah terang-terangan mendampingi salah satu bakal calon mensosialisasikan dirinya kepada warga," jelasnya kepada Kantor Berita RMOLLampung, Selasa (28/1).

Menurutnya, Badan Hippun Pemekonan (BHP) dan juga Panitia Pilkakon harus bersikap profesional dengan menegur Pj Kakon dan juga salah satu bakal calon tersebut.

Saat dikonfirmasi, anggota BHP Pekon Umbar mengatakan, sejauh ini belum menerima informasi tersebut.

"Saya berterima kasih atas informasi ini, saya akan berkoordinasi dengan semua angota BHP, untuk mencari tau kebenarannya. Lalu akan kami rapatkan dulu, pasti akan kami tindak lanjuti," janji dia.