PK Dikabulkan, Hukuman Agung Dipotong 2 tahun dan Rp11 Miliar

Agung Ilmu Mangkunegara/Ist
Agung Ilmu Mangkunegara/Ist

Mahkamah Agung RI mengabulkan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan mantan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara yang terjerat perkara suap free proyek saat menjabat bupati. 


Agung mendapatkan potongan hukuman, sebanyak 2 tahun dan potongan uang pengganti hingga Rp11 Milir. Agung yang sebelumnya vonis 7 tahun penjara menjadi 5 tahun pidana. 

Selain itu, hukuman uang pengganti juga lebih ringan yakni dari Rp74 Miliar menjadi Rp63 Miliar. 

"Dengan vonis (PK dari MA) hukuman berupa pidana penjara selama 5 tahun, dan denda Rp750 juta subsidair 8 bulan penjara, dan dikenakan pidana tambahan berupa uang pengganti sejumlah Rp63.4 miliar," kata Pengacara Agung, Sopian Sitepu, Senin (15/11).

Kemudian, subsidair pidana uang pengganti yakni hukuman pidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan. Agung tetap mendapatkan hukuman tambahan pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama 4 tahun, usai Agung selesai menjalani pidana pokoknya.

Sopian Sitepu mengatakan, putusan MA ini sudah keluar beberapa bulan lalu. Namun, salinan putusannya baru keluar hari ini sehingga pihaknya baru mendapatkan kabar dari Pengadilan Negeri Tanjungkarang. 

Ia melanjutkan, saat ini, sebagian harta bendanya telah disita, dan ia pun telah menyetorkan sejumlah uang ke rekening penampung KPK sebesar Rp.2,085 miliar dan USD2.600.

"Pihak keluarga berharap dari semua aset yang telah disita kemarin, dapat mencukupi kewajibannya terhadap pelunasan kerugian uang negara," kata dia.