Plt Kadiskes Pesawaran Pastikan RSUD Mampu Tampung Pasien Covid-19

Pengumuman RSUD Pesawaran beberapa hari lalu/Ist
Pengumuman RSUD Pesawaran beberapa hari lalu/Ist

Plt Kadiskes Pesawaran Maisyuri memastikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat mampu menampung dan merawat pasien terkonfirmasi positif Covid-19.


Maisyuri mengatakan, beberapa hari lalu memang ruang isolasi RSUD mengalami kepenuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

"Iya kemarin memang ruang isolasi RSUD kita sempat mengalami kepenuhan, namun saat ini Insyaallah ruang isolasi kita sudah sudah menerima lagi pasien yang terkonfirmasi dengan gejala berat," ujar Maisyuri, Kamis (22/7).

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi kepenuhan ruang isolasi, pihak RSUD hanya menganjurkan yang dilakukan perawatan di RSUD Pesawaran hanyalah pasien yang mengalami gejala yang berat.

"Jadi kalau yang mengalami gejala yang ringan kita sarankan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah, namun kalau ada pasien yang positif dengan gejala berat dan ada penyakit bawaan kita lakukan penanganan di RSUD," ujar dia.

Ia menuturkan, saat ini RSUD Kabupaten Pesawaran memiliki 39 tempat tidur untuk pasien isolasi, namun yang menjadi kendala adalah tenaga medis yang bertugas di RSUD masih terlalu sedikit.

"Jumlah tempat tidur tersebut sudah kita tambah, namun karena adanya penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa waktu lalu sehingga membuat kita kwalahan untuk ruang isolasi ini," timpalnya.

Untuk itu diminta masing-masing pemerintah desa agar bisa menyiapkan ruang isolasi di desa masing-masing agar bisa menampung pasien terkonfirmasi positif dengan gejala ringan.

"Tentu kita juga menyiapkan petugas yang selalu memantau kesehatan pasien terkonfirmasi yang sedang menjalankan isolasi di tempat isolasi di desa," pungkasnya.