Polda Lampung Berlakukan Sanksi Tidak Kenakan Masker

Menindaklanjuti Instruksi Presiden yakni wajib bermasker dalam dua minggu ke depan, Polda Lampung memperketat dan mendisiplinkan masyarakat yang sudah mulai tidak menerapkan protokol kesehatan di lingkungan sekitar dengan memberikan sanksi.


Kapolda Irjen Purwadi Arianto mengatakan, sebagai tindaklanjut dan juga sesuai dengan peraturan gubernur (Pergub) Lampung Nomor 45 Tahun 2020,BAB IX pasal 18 tentang sanksi pelanggaran terhadap pelaksana AKB M2PA Covid-19 dikenakan sanksi administrasi dan daya paksa polisional.

Diketahui sanksi administrasi terdiri dari teguran lisan, teguran tertulis, penghentian sementara kegiatan, penghentian tetap kegiatan.

"Termasuk pencabutan sementara izin dan pencabutan tetap izin," katanya.

Sedangkan sanksi paksa daya polisional antara lain membersihkan fasilitas umum, menyapu jalan dan mengambil sampah, menyanyikan lagu nasional, melakukan push-up serta mengucapkan janji tidak melanggar protokol kesehatan lagi.

"Itu semua termasuk ke sanksi pasal 18. sanksi tersebut berlaku untuk semua masyarakat Lampung termsuk ASN dan lainnya," tegas Purwadi Arianto Kantor Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Lampung, Senin (3/8).

"Saya berharap masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan, sehingga terjaga dari Covid-19," tutupnya.