Politisi Perempuan di Lampung Minta Dapat Nomor Urut Atas Pada Pemilu 2024

Pemetaan Isu Krusial dan Dukungan Laki-Laki Pimpinan Partai Politik untuk Keterpilihan Perempuan Politisi Lampung di Pemilu 2024, Jumat (11/11)/Faiza
Pemetaan Isu Krusial dan Dukungan Laki-Laki Pimpinan Partai Politik untuk Keterpilihan Perempuan Politisi Lampung di Pemilu 2024, Jumat (11/11)/Faiza

LAdA Damar, Kaukus Perempuan Parleman Indonesia (KPPI) Lampung dan Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) minta partai politik prioritaskan calon legislatif perempuan dapat nomor urut atas pada Pemilu 2024.


Permintaan tersebut disampaikan usai kegiatan Pemetaan Isu Krusial dan Dukungan Laki-Laki Pimpinan Partai Politik untuk Keterpilihan Perempuan Politisi Lampung di Pemilu 2024 di Whiz Prime Hotel Bandar Lampung, Jumat (11/11).

Ketua KPPI Lampung dan Anggota DPRD Lampung Apriliati mengatakan, nomor urut dalam Pileg sangatlah penting untuk keterpilihan, terutama bagi perempuan.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting karena akan pimpinan parpol yang umumnya laki-laki dapat mendengar perspektif perempuan.

"Perempuan bicara perempuan biasa, kalau laki-laki yang bicara kan luar biasa. Politisi perempuan mengharapkan tren kenaikan perempuan yang terpilih, bukan hanya keterwakilan di pencalonan," ujarnya.

Sementara itu, Firman Seponada yang mewakili PAN Lampung mengatakan, masukkan dari politisi akan menjadi rekomendasi kepada pimpinan parpol. Namun, soal nomor urut, setiap parpol memiliki mekanisme yang berbeda.

"Masing-masing partai punya mekanisme untuk no urut, di PAN ada scoring dari beberapa kategori. Kalau incumbent itu justru ada minus 5, jadi belum tentu dapat nomor urut satu," paparnya.