Polres Pesawaran Gagalkan Penyelundupan Solar dan Pertalite

Kasatreskrim Polres Pesawaran AKP Supriyanto Husin menunjukkan barang bukti/ Rama
Kasatreskrim Polres Pesawaran AKP Supriyanto Husin menunjukkan barang bukti/ Rama

Polres Pesawaran menggagalkan upaya penyelundupan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis solar dan pertalite.


Pelaku inisial Fer (35) berhasil diamankan di rumahnya, pada Senin 11 Maret 2022 sekitar pukul 18.30 Wib. Ia merupakan warga dusun III Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran.

Barang bukti yang berhasil disita satu unit mobil Isuzu Panther warna biru metalik dengan tanki modifikasi dengan kapasitas isi 68 liter. 

Kemudian 16 jeriken dengan kapasitas isi per jeriken 34 liter, enam jeriken berisi BBM solar 204 liter, dan 10 jeriken beris BBM pertalite berisi 340 liter dengan total 544 liter.

Kasatreskrim Polres Pesawaran AKP Supriyanto Husin mewakili Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo mengatakan, pihaknya akan menindak tegas bagi siapa pun yang melakukan tindak pidana di wilayah hukum Polres Pesawaran.

"Pada intinya siapa pun yang melakukan tindak pidana di wilayah hukum kami, termasuk menyalahgunakan BBM mau jenis apa pun akan kami tindak sesuai aturan yang ada," kata Supriyanto, Selasa (12/4).

Ia mengatakan, penangkapan itu berdasarkan laporan masyarakat yang resah karena banyaknya kendaraan yang memuat BBM ilegal di salah satu SPBU di Kecamatan Gedong Tataan.

"Ada laporan masyarakat yang resah dengan maraknya kendaraan yang memuat BBM secara Ilegal di salah satu SPBU Gedong Tataan yang dilakukan pelaku," ujarnya.

"Modus pelaku dalam menjalankan aksinya menggunakan mobil jenis minibus Isuzu Panther yang tankinya telah dimodifikasi, dengan isi tanki 68 liter," tambahnya.

Pelaku terancam UU No. 22 Tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas Bumi, pada UU No. 11 Tahun 2020 Tentan Kerja jo Bagian Kesatu Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No: 37.K/HK.02./MEM.M/2022 tentang Jenis BBM Khusus Penugasan dengan ancaman hukuman diatas lima tahun.