Polres Pesawaran Siap Kawal Vaksin Sinovac

AKB Vero Aria Radmantyo/Ist
AKB Vero Aria Radmantyo/Ist

Polres Pesawaran siap mengamankan proses distribusi Vaksin Corona Viruse Desease 2019 (Covid-19), Sinovac, di kabupaten setempat.


Kapolres AKB Vero Aria Radmantyo mengatakan upaya pengamanan itu dilakukan mulai distribusi hingga pengamanan gudang vaksin.

"Vaksin dikirim kemungkinan bulan Februari, tapi secara teknis kami sudah siapkan sejumlah personel untuk pengamanan Vaksin Covid-19 berkoordinasi dengan Satgas dan tim kesehatan Dinkes Pesawaran," kata Vero saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (13/1).

Vero mengatakan selain pengamanan proses penyaluran paket yang berisi obat cair dan alat suntik, pihaknya juga akan membantu pendataan dan sosialisasi kepada sejumlah penerima vaksin di kabupaten setempat.

Menurutnya kepolisian setempat hanya bertugas menjaga dari potensi yang mengganggu keamanan dan ketersediaan vaksin, sementara terkait prosedur medis perawatan dan penyimpanan obat pihaknya menyerahkan kepada Satgas Penanganan Pandemi.

"Saat ini kan sedang dilakukan pelatihan kepada tenaga kesehatan yang akan menjadi vaksinator, nah nanti setelah selesai pelatihan, mereka akan mulai melakukan penyuluhan kepada tenaga medis di 15 Puskesmas yang ada di Pesawaran," terang Vero.

Sosialisasi menurutnya penting untuk dilakukan agar mengurangi kekhawatiran yang terjadi di masyarakat. Sebab, uji coba klinis dan persyaratan sebelum penggunaan vaksin sudah diselesaikan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk menerima suntik vaksin.

"Untuk pendistribusian sejauh ini yang kami tau sekitar awal bulan Februari sudah sampai di Kabupaten Pesawaran. Dan semoga ini bisa memutus mata rantai penularan Covid-19," pungkasnya.