Polres Pringsewu Gulung Kawanan Pembobol Alfamart Antar Provinsi

Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri/RMOLLampung
Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri/RMOLLampung

Tekab 308 Polres Pringsewu berhasil menggulung kawanan spesialis pembobol Alfamart antar provinsi.


Dari enam tersangka pencurian dan pembobolan itu polres berhasil menangkap tiga orang. 

Yaitu Zoma (37) , Budiman (29) keduanya warga Kecamatan Waykhilau Pesawaran, Hudori (48) warga Perumahan Bumi Indah, Tangerang Banten. 

Dari pengakuan Hudori, menyebutkan bersama rekanannya sudah sering kali melalukan aksi pembobolan Alfamart yaitu di Tangerang, Bogor, Bandarlampung, dan Pringsewu. 

Menurut dia alat yang digunakan untuk membobol minimarket itu berupa linggis, alat pemotong besi, sarung tangan. 

Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, mengatakan dari  enam orang kawanan sosialis pembobolan Alfamart ini pada 18 September lalu melakukan pembobolan di Alfamart di Pekon Ambarawa Pringsewu.

“Jumlah pelaku enam orang, tiga berhasil kami tangkap pada Sabtu, 24 Oktober, dan tiga pelaku lainnya masih dalam pengejaran," jelasnya, Rabu (28/10) yang juga didampingi oleh Kasat Reskrim  AKP Sahril Paison.

Kawanan ini juga melakukan aksi pembobolan Alfamart ini di tiga TKP lainnya dan sudah beberapa kali melakukan curat antara provinsi. Pertama di Tanjungkarang Barat, wilayah Tangerang, Bogor, dan Jakarta.

“Modusnya adalah merusak kunci di Alfamart di Pekon Ambarawa, kemudian mengambil brangkas yang kerugiannya sekitar Rp55 juta. Termasuk juga di wilayah Tanjungkarang Barat,” paparnya.

Turut diamankan barang bukti berupa uang logam, gergaji, linggis, pemotong gembok dan hasil kejahatan dari Alfamart. 

Kawanan ini dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara.