Polres Tanggamus Tangkap Pembobol Gudang Giling Padi di Pulau Panggung

Pembobol gudang yang diamankan Polres Tanggamus / ist
Pembobol gudang yang diamankan Polres Tanggamus / ist

Seorang tersangka pencurian dengan pemberatan (Curat) gudang penggilingan padi Pekon Gunung Meraksa Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus berinisial RC (34) dibekuk Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Polres setempat.


Kasat Reskrim Polres Tanggamus Iptu Hendra Safuan, mengatakan, tersangka ditangkap atas laporan korban tanggal 16 Februari 2022, bernama Oktarino (31) juga warga Pekon Gunung Meraksa.

"Berdasarkan penyelidikan laporan tersebut, tersangka berhasil diidentifikasi sehingga ditangkap tanpa perlawanan saat berada di rumahnya, kemarin, Rabu (24/8)," kata Iptu Hendra Safuan, Kamis (25/8).

Korban selanjutnya memeriksa ke dalam gudang, namun sejumlah barang telah hilang berupa TV 21 inc, 3 set salon warna biru, kompor gas berikut tabung gas 3 kg, 2 set kasur kapuk, mesin gilingan kopi, timbangan duduk dan mesin jahit.

"Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian senilai Rp11,5 juta sehingga melapor ke Polsek Pulau Panggung guna ditindaklanjuti,"  jelasnya.

Ia melanjutkan, tersangka mengaku mencuri seorang diri. Ia masuk ke dalam pabrik saat malam hari dan langsung menjual barang-barang curian tersebut ke rongsokan dan mendapatkan uang Rp750 ribu.

Saat ini, tersangka dan barang bukit timbangan duduk ditahan di Mapolres Tanggamus guna proses penyidikan lebih lanjut. 

"Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 KUHPidana, ancaman maksimal 7 tahun penjara," tandasnya. 

Sementara itu menurut tersangka RC, pencurian tersebut dilakukannya lantaran ia mengetahui rumah dalam pabrik tersebut jarang dihuni, sehingga ia berani membobol tembok.

Ia mengaku sudah tak punya uang dan belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Selain dijual ke tempat rongsokan, ada beberapa barang yang dibawa ke rumahnya.