Polsek Pringsewu Kota Ringkus Tersangka Curanmor Dan Penadahnya

Tersangka curanmor dan penadahnya/Ist
Tersangka curanmor dan penadahnya/Ist

Polsek Pringsewu Kota bersama Tim Tekab 308 Satreskrim Polres berhasil mengamankan tersangka pencurian dengan pemberatan (Curat) ranmor dan  penadah barang hasil kejahatan.


Polisi melakukan penangkapan tersangka di dua lokasi berbeda. Keduanya DS (29) warga Pekon Sumbermulyo Kecamatan Sumberejo, Tanggamus dan (A) 49 Warga Pekon Sumberagung Kecamatan Ngambur Pesisir Barat ditangkap pada Rabu (26/5).

Kapolsek Pringsewu Kota, Kompol Atang Samsuri, mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri mengatakan, selain mengamankan kedua tersangka, pihaknya turut mengamankan barang bukti hasil kejahatan berupa 1 unit sepeda motor Merk Honda CBR

"BB sepeda Motor CBR tersebut diduga hasil kejahatan curanmor yang terjadi di taman wisata Talang indah Pajaresuk Pringsewu pada hari Senin tanggal 8 Maret 2021 jam 18.00 WIB lalu dan merupakan milik korban Deni Setiawan (34) dan merupakan warga kelurahan Pringsewu Timur," kata Atang Samsuri, Kamis (27/5).

Selanjutnya, Atang juga menjelaskan keberhasilan pengungkapan kasus tersebut berawal dari penangkapan pelaku DS pada hari Rabu 26 Mei 2021 sekira jam 02.00 Wib atas diugaan  telah menerima gadai sepeda motor Honda CBR yang diduga hasil kejahatan seharga Rp4 juta dari dua orang temannya yang merupakan warga Tanggamus berinisial RS dan E.

Setelah dilakukan proses interogasi, tersangka mengakui dan sekaligus menjelaskan bahwa sepeda motor hasil gadai tersebut telah dijualnya seharga Rp6 juta kepada ayah tirinya yakni pelaku A yang berdomisili di daerah Kecamatan Ngambur pesisir barat.

"Sepeda motor sport yang normalnya seharga Rp37 juta oleh pelaku DS dijual kembali seharga 6 juta dan dari jual beli kendaraan tanpa surat tersebut tersangka mendapatkan keuntungan Rp2 juta," jelasnya.

Kapolsek menerangkan  berdasar pengakuan DS kemudian tim melakukan pengembangan dengan melakukan penggrebekan terhadap pelaku A diwikayah Kecamatan Ngambur Pesisir Barat pada jam 09.00 Wib dan berhasil mengamankan BB berupa 1 unit sepeda motor merk Honda CBR yang diduga hasil kejahatan.

"Menurut A dirinya membeli sepeda motor tersebut seharga 6 Juta dari DS sekitar dua Minggu yang lalu dan tanpa ada surat-suratnya," pungkasnya.

Proses hukum lebih lanjut terhadap kedua pelaku dijerat dengan pasal 363 Jo 480 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.