Positif Covid-19, Wabup Waykanan Dikabarkan Diisolasi Di RSUDAM




Wakil Bupati (Wabup) Waykanan Edward Antony yang positif Covid-19 dikabarkan tengah dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), Kota Bandarlampung.

Sebelumnya, Edwaed Antony dirawat di Rumah Sakit Urip Sumoharjo, Kota Bandarlampung. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membenarkan adanya informasi Edward Antony terkena Covid-19.

Dia mengatakan hal itu pada saat memberi sambutan pada puncak acara HUT ke-46 Surat Kabar Harian Lampung Post. Sebelumnya beredar kabar, Sekdakab Waykanan Saipul menyatakan Wakil Bupati (Wabup) Edward Antony positif Covid-19 berdasarkan tes swab/PCR 8 Agustus 2020.

Selain itu, Asisten 2 Kussarwono dan Kadis Penanaman Modal. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kusuma Anakori juga dinyatakan positif Covid-19 hasil tracing 9 Agustus 2020.

Saiful, dalam pengumumannya yang beredar lewat WA, menyampaikan 10 pesan Bupati Waykanan Raden Adipati Surya. Isi pesannya:

Pertama, selama tiga hari kedepan terhitung Senin (10) hingga Kamis (13/8) Sekretariat Pemda dan Kantor Dinas PMPTSP tutup karena akan disterilisasi  oleh Tim Gugus Tugas. Semua pegawai bekerja dari rumah.

Kedua, kepada bapak ibu pimpinan OPD dan jajarannya, jika pernah merasa kontak erat dgn ketiga pimpinan kita di atas dihitung sejak tgl 25 Juli 2020 sd tgl 8 Agustus 2020 agar melaporkan dirinya kepada tim medis Dinas Kesehatan Waykanan, Senin (10/8).

Ketiga, bagi yang pernah merasa kontak erat diminta untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat,  sambil menunggu pelaksanaan rapid test/swab PCR dan selama menunggu hasilnya agar melaksanakan isolasi mandiri atau sesuai arahan dari tenaga medis.

Keempat, semua diminta untuk menerapkan terus menerus protokol kesehatan secara ketat.

Kelima, semua diminta untuk terus mendoakan agar pimpinan kita Bapak Wakil Bupati dan keluarganya, Pak Asisten 2 Kussarwono dan keluarganya,  Ibu Kadis PMPTSP Kusuma Anakori dan keluarganya segera diberikan kesembuhan dan kesehatannya sehingga dapat bersama sama kita kembali.

Keenam, juga terus berdoa agar Bapak Bupati kita dan keluarganya selalu mendapatkan lindungan dari Allah SWT dan di jauhkan dari segala musibah dan penyakit, Aammiinnn.

Ketujuh, aktifitas pelayanan kepada masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan agar tetap berjalan sebagaimana mestinya meskipun kita harus bekerja dari rumah.

Kedelapan, informasi ini agar di teruskan kepada semua jajaran kita secara japri.

Kesembilan, hal-hal terkait penjelasan kepada media atau siapa pun agar di arahkan kepada juru bicara gugus tugas (kadis kesehatan).

Kesepuluh, diminta untuk kita semua agar tidak panik dan menjaga kondusif serta menyikapi semua ini dengan tenang dan sabar.

"Demikian untuk menjadi perhatian dan pelaksanaannya. Mudah-mudahan kita semua dilindungi Allah SWT, amiiin," tutup Saipul dalam pengumuman yang beredar lewat media sosial.

Hingga berita ini diturunkan, Bupati Raden Adipati Surya dan Sekda Saiful belum merespon konfirmasi Kantor Berita RMOLLampung, baik via WA maupun telepon.

Kadis Kesehatan Provinsi Lampung Reihana ketika dikonfirmasi adanya kabar tersebut mengatakan jika soal situasi Covid-18 akan diberitahu lewat release.

Tentang kabar yang beredar tentanfmg adanya sejumlah pejabat Kabupaten Waykanan positif Covid-19 dan kebijakan pemkab setempat, Reihana merespon minta maaf. "Kalau yang itu, maaf, saya tidak tahu Pak karena internal mereka," ujar Kadiskes Lampung Reihana yang baru saja merangkap pimpinan RSUD Abdul Moeloek.