PPDB SMP di Lampung Utara Dimulai 20 Juni Secara Daring

Kadisdikbud Lampung Utara Matsoleh/ Efriantoni
Kadisdikbud Lampung Utara Matsoleh/ Efriantoni

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Utara menetapkan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP dimulai sejak pertengahan Juni mendatang. Sistem PPDB sendiri masih menerapkan sistem daring.


"Proses PPDB Lampung Utara dimulai sejak  20 Juni mendatang. Rencananya seperti itu," ucap Kadisdikbud, Matsoleh, Senin (30/5).

Ia mengatakkan, proses PPDB kali ini masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni dengan istem daring. Proses pendaftarannya dapat dilakukan melalui warung atau jalur internet lainnya, atau juga di langsung di sekolah yang dituju.

Pendaftaran langsung di sekolah akan memudahkan para wali murid dalam penentuan titik lokasi tempat‎ tinggal mereka.

"Operator dan wali murid yang menentukan langsung lokasi tempat tinggalnya. Kebijakan ini agar tidak ada lagi keluhan mengenai penentuan titik lokasi," ujar dia.

Adapun jalur PPDB sendiri masih terdiri dari jalur prestasi, jalur zonasi, jalur perpindahan orang tua, dan terakhir, jalur afirmasi. Jalur prestasi akan terlebih dulu membuka pendaftaran.‎ Adapun ketiga jalur lainnya dibuka setelah jalur prestasi selesai. "PPDB jalur ‎prestasi dimulai sejak tanggal 20 - 24 Juni," ucapnya.

Lebih jauh dijelaskan, ‎setiap jalur PPDB ini memiliki kuota ‎siswa yang akan diterima secara berbeda - beda. Rinciannya, jalur zonasi, jumlah kuotanya mencapai 50 persen, jalur afirmasi, kuotanya hanya 15 persen. Terakhir, jalur perpindahan orang tua, kuotanya hanya 5 persen. "Jadi, setiap jalur memiliki kuotanya masing - masing, dan tidak sama," kata dia.