PPDB TK Hingga SMP Di Bandarlampung Secara Online

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandarlampung, Sukarma Wijaya/ Tuti
Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandarlampung, Sukarma Wijaya/ Tuti

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021-2022 di Kota Bandarlampung akan dilakukan mulai 12 Juni hingga 7 Juli 2021 untuk jenjang TK, SD dan SMP secara online.


Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandarlampung, Sukarma Wijaya mengatakan pendaftaran PPDB akan dilakukan secara online, namun jika mengalami kesalahan atau gangguan bisa secara offline. 

"Sejatinya yang kita lakukan secara online, tapi tidak menutup kemungkinan ada yang mengklaim tidak bisa melalui online, maka minta dilayani secara offline," kata Sukarma Wijaya, Rabu (9/6). 

Menurutnya, pendaftaran secara offline akan dilayani dengan catatan sebelumnya sudah melakukan pendaftaran secara online, namun gagal. 

"Pelaksanaan pendaftaran secara offline akan dilakukan pada menerapkan protokol kesehatan," ujarnya. 

Berdasarkan petunjuk teknis yang telah diterbitkan, pendaftaran jenjang TK dibuka mulai 12 Juni-2 Juli, seleksi berkas 3-6 Juli, pengumuman 8 Juli, pendaftaran ulang 8-9 Juli dan hari pertama masuk sekolah 12 Juli 2021. 

Sementara pendaftaran jenjang SD dilakukan mulai 14 Juni-19 Juli, seleksi berkas 21-22 Juli, pengumuman gelombang I pada 24 Juli, pendaftaran ulang 25 Juli dan hari pertama masuk sekolah 12 Juli 2021. 

Pendaftaran dan seleksi berkas jenjang SMP melalui jalur afirmasi atau bina lingkungan, dan prestasi dilakukan pada 28 Juni-1 Juli, pengumuman 5 Juli dan pendaftaran ulang 5-6 Juli. Sementara pendaftaran dan seleksi berkas jalur zonasi dan perpindahan orang tua dilakukan 5-7 Juli. Pengumuman 8 Juli, daftar ulang 8-9 Juli, masuk MPLS kelas VII pada 12-18 Juli 2021. 

"Verifikasi untuk afirmasi atau bina lingkungan akan dilakukan oleh petugas khusus yang dilakukan secara langsung turun ke lapangan untuk memastikan kebenarannya," jelasnya.