PPKM Darurat, Rektor UIN-RL Prof Mukri Ajak Civitas Akademika Bersabar

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Mukri/Ist
Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Mukri/Ist

Rektor Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN-RL), Prof Mukri meminta civitas akademika bersabar dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang terus meningkat.


Menurutnya, anjuran pemerintah, pakar dan pihak berwenang dalam penanganan Covid-19 harus dipatuhi, termasuk juga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 20 Juli mendatang. 

"Selama PPKM Darurat, seluruh dosen dan tenaga kependidikan UIN Raden Intan Lampung menjalani work from home (WFH) atau bekerja dari rumah, sehingga semua pelayanan dilakukan secara online," kata Prof Mukri, Selasa (13/7). 

Menurutnya, mengutamakan keselamatan manusia sesuai dengan kaidah fikih Dar’ul Mafasid Aula Min Jalbil Masholih atau menghilangkan kemudharatan itu harus didahulukan ketimbang mengambil manfaat. 

"Mari kita turut berpartisipasi dalam mencegah dan mengurangi dampak dari penyebaran Covid-19 ini. Karena bagaimanapun, keselamatan setiap warga negara merupakan hukum tertinggi,” ujarnya. 

Prof Mukri juga mengimbau kepada civitas akademika untuk patuh menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi, serta memanjatkan doa. 

"Mari kita saling tolong-menolong dalam mengatasi Covid-19 dan dampaknya," jelasnya. 

Penerapan sistem kerja secara WFH atau bekerja dari rumah tertuang dalam Surat Edaran Rektor Nomor: B-688/Un.16/R/Kp.01.1/07/2021 tanggal 9 Juli 2021 tentang Sistem Kerja Aparatur Negara (ASN) UIN Raden Intan Lampung Pada Masa PPKM Darurat Kota Bandarlampung.