Prof Karomani: Kuatkan Karakter Bela Negara Dengan Sistematis Dan Kolaborasi Antar Aktor

Prof Karomani saat menjadi narasumber di Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI/Ist
Prof Karomani saat menjadi narasumber di Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI/Ist

Hasil survei yang dilakukan oleh berbagai lembaga menyatakan karakter generasi muda khususnya di lingkungan kampus sedang mengalami kemerosotan, dan berprofesi radikalisme.


Menanggapi hal tersebut, Ketua Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB), Prof Karomani menawarkan dua alternatif solusi peningkatan karakter bela negeri di kampus.

"Ada dua solusi yaitu pendekatan sistematis dan quadruple helix model atau kolaborasi antar aktor," kata Prof Karomani saat menjadi narasumber di Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Kamis (10/6). 

Menurutnya, pendekatan sistematis dilakukan dengan perguruan tinggi dapat memasukkan muatan karakter bela negara dalam kurikulum pembelajaran. Pembinaan kelembagaan dan aktivitas organisasi kemahasiswaan juga perlu dilakukan oleh perguruan tinggi. 

"Perguruan tinggi bisa juha melakukan pembinaan wawasan kebangsaan karir dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan karakter tersebut," ujarnya. 

Sementara, quadruple helix model yang dimaksud adalah kolaborasi antar pemerintah, akademisi, organisasi masyarakat dan media. 

"Keempat aktor ini harus sinergi dan bersama-sama memprogramkan kegiatan dalam peningkatan karakter bela negara. Hingga potensi radikalisme bisa diminimalisir," jelasnya.