Prof Karomani Sebut PNBP Unila 2021 Naik 40 Persen

Prof Karomani memaparkan pencapaiannya selama menjabat sebagai rektor dua tahun terakhir/Tuti
Prof Karomani memaparkan pencapaiannya selama menjabat sebagai rektor dua tahun terakhir/Tuti

Di tengah situasi pandemi Covid-19, Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Universitas Lampung (Unila) mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 


Rektor Unila, Prof Karomani mengatakan disaat para rektor universitas lainnya mengeluhkan PNBP turun, Unila diberikan keajaiban bisa surplus PNBP hingga 40 persen. 

"Ini adalah hasil usaha bersama kita," kata Prof Karomani dalam refleksi dua tahun kepimpinannya, Kamis (25/11). 

Menurutnya, PNBP Unila sejak 2018 selalu mengalami penurunan, dari Rp 298,067 miliar menjadi Rp 283,478 miliar pada tahun 2019. Turun lagi di tahun 2020 menjadi Rp 277,838 miliar dan tahun 2021 naik jadi Rp 331,465 miliar. 

"Salah satu faktor yang bisa membuat kenaikannya yakni kerjasama yang terima Unila cukup besar," ujarnya. 

Lebih lanjut, Prof Karomani mengaku menaikkan kuota mahasiswa baru Unila, sehingga bisa mendongkrak PNBP Unila. 

"Sehingga terselamatkanlah situasi sulit itu. Jadi kerjasama dan menambah kuota mahasiswa baru dengan tetap memperhatikan rasio dosen dan mahasiswa," jelasnya. 

Selain itu, Prof Karomani juga memaparkan prestasi yang telah dicapai selama dua tahun belakang, yakni peringatan 15 penghargaan capaian indikator kinerja utama liga perguruan tinggi negeri badan layanan umum (PTN-BLU), 10 besar dalam 4international colleges universities, peringkat 24 nasional ranking web of universities. 10 besar peringatan 705 sedunia dalam Scimago Institutions Rankings.