Program Kerakyatan, DPC PDIP Pesawaran Gelar Sunatan Massal

Kegiatan kemasyarakatan PDIP berupa sunatan massal/Foto Rama RMOL Lampung
Kegiatan kemasyarakatan PDIP berupa sunatan massal/Foto Rama RMOL Lampung

Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni menjadi momentum yang tepat bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk semakin mendekatkan diri kepada rakyat melalui program kerakyatan. 


Terkait hal itu, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Pesawaran menggelar sunatan massal yang melibatkan puluhan anak usia remaja di Desa Kebagusan, Kecamatan Gedongtatan, Selasa (1/6)

Ketua DPC PDIP Pesawaran, Endro. S Yahman menyebut Hari Lahir Pancasila yang sebelumnya ditetapkan pada 2016 lalu memiliki arti penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Melalui refleksi yang bersifat tahunan bangsa Indonesia diajak untuk merenungkan kembali aspek pilosofis dan historis dari kelahiran Pancasila sebagai ideologi, dasar negara, serta pedoman hidup bangsa Indonesia," kata Endro.

Endro pun menambahkan hikmah perayaan hari Pancasila merupakan dasar kehidupan rakyat dan bangsa indonesia dalam menuju rakyat adil dan makmur seperti yang telah dituangkan dalam Undang-Undang Dasar 1945.

"Saya mengajak kepada kepada masyarakat khusunya kader partai untuk menularkan, memperkuat, toleransi, keberagaman serta kehidupan masyarakat yang lebih baik menuju persatuan indonesia," timpalnya.

Pancasila, menurut dia, menjadi alat pemersatu bangsa, sehingga harus selalu dijaga dan diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan. 

Sementara, Kepala Desa Kebagusan Tohir sangat mengapresiasi kegiatan pelaksanaan hari lahir Pancasila yang dibarengi dengan khitanan massal.

"Mungkin selama ini masyarakat masih banyak yang awam ya dengan hari Pancasila dan peringatannya dan dengan adanya kegiatan ini masyarakat akan tahu dan mengerti terutama generasi muda betapa pentingnya Pancasila dan nilai-nilai kepancasilaan," pungkasnya.