Pulau Pahawang Masih Jadi Favorit Wisatawan Habiskan Liburan

Kapal di Dermaga 1/Faiza
Kapal di Dermaga 1/Faiza

Pulau Pahawang kabupaten Pesawaran masih menjadi favorit wisatawan untuk menghabiskan libur akhir pekan atau libur panjang, Senin (16/5).


Berdasarkan pantauan di Dermaga 1 Pantai Kelara kabupaten Pesawaran, puluhan kendaraan asal luar daerah hampir memenuhi area parkir. Mayoritas berasal dari Palembang, Bandung dan Jakarta.

Salah satu pengunjung asal Palembang, Elny Novita mengatakan, Pulau Pahawang menjadi rekomendasi wisata yang paling banyak disarankan saat dirinya hendak ke Lampung. 

"Jadilah saya bersama keluarga liburan ke sini karena di Palembang juga gak ada pantai jadi senang sekali bisa ke sini," kata dia. 

Menurut Elny, yang paling menarik dari Pulau Pahawang adalah keindahan terumbu karang dan wisata bawah lautnya. Ia berharap dapat menikmati keindahan bawah laut lainnya di Lampung. 

Sementara itu, salah satu pemilik usaha Kapal wisata Aan Andrian mengatakan, ramainya wisatawan ke pantai di Pesawaran ini mulai meningkat menjelang libur Lebaran Idul Fitri 1443 H beberapa waktu lalu. 

Ia melanjutkan, kelonggaran protokol kesehatan dan diizinkannya mudik membuat usahanya tahun ini cukup ramai. Apalagi, sudah dua tahun tiap lebaran selalu bilang beroperasi oleh pemerintah daerah. 

"Alhamdulillah sekarang mulai ramai terus, hari ini sudah tiga kapal saya yang berangkat. Masing-masing berisi 10 penumpang," kata dia. 

Aan melanjutkan, tiap kapal disewakan seharga Rp400 ribu-Rp500 ribu. Harga ini merupakan harga normal setelah saat libur lebaran yang sempat mencapai Rp700 ribu. 

Harga tersebut, kata Aan, belum ditambah jika ada pengunjung yang ingin menyewa alat snorkeling. Pasalnya, menyelam merupakan destinasi wisata favorit di Pulau Pahawang. 

"Kita bisa dapat Rp1 juta untuk omset perhari. Selain Pahawang, ada juga pulau lain yang jadi favorit, misalnya Pulau Kelagian, dan Pulau Mahitam," pungkasnya.