Puluhan Tahun Warga Ceringin Asri Way Ratai Berharap Dibangunnya Jembatan

Dusun Banyumas, Desa Ceringin Asri, Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran/ Rama
Dusun Banyumas, Desa Ceringin Asri, Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran/ Rama

Masyarakat Dusun Banyumas, Desa Ceringin Asri, Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran mengharapkan pembangunan jembatan penghubung sejak puluhan tahun silam.


Pada tahun 2018 hingga 2019 pondasi jembatan telah dibangun oleh pemerintah desa setempat dengan menelan anggaran biaya kurang lebih Rp300 juta selama dua tahap. Pembangunan jembatan itu diperkirakan menghabiskan anggaran mencapai Rp700 juta yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Budiyono, warga dusun setempat menuturkan jembatan sepanjang kurang lebih sepuluh meter itu menjadi satu satunya akses penghubung yang nantinya dapat dilalui kendaraan roda empat untuk mengangkut hasil pertanian.

"Puluhan tahun masyarakat sini bertaruh nyawa menyeberangi sungai yang memisahkan dusun Banyumas ini. Sebab disini juga ada fasilitas tempat pemakaman umum, yang digunakan masyarakat, selain itu juga anak-anak sekolah dari dusun sini harus menyeberang sungai untuk sekolah," kata Budiyono, Rabu (8/6).

Ia mengatakan, setidaknya terdapat 35 kepala keluarga yang mendiami wilayah setempat, harus menyeberang sungai untuk mengangkut hasil pertanian berupa biji kakao, kopi serta peternakan kambing dan sapi.

"Memang kalau untuk akses kendaraan motor bisa melalui jembatan gantung yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat. Tapi untuk mobil yang mengangkut hasil pertanian harus menyeberangi sungai," ujarnya.

Selain itu, saat kondisi air sungai pasang, hasil pertanian harus diangkut menggunakan motor dan menambah jarak tempuh. Terlebih, saat kondisi darurat masyarakat harus berobat ke fasilitas kesehatan, armada ambulan tidak dapat masuk ke lokasi.

Kades Ceringin Asri, Pradipto mengatakan pihaknya tetap berkomitmen meneruskan pembangunan jembatan tersebut, meski belum bisa di lakukan di tahun ini.

"Ya kami sudah mendengar aspirasi warga dusun Banyumas, yang memang terisolir, dan kami berkomitmen tahun depan akan masuk dalam rencana pembangunan," kata Pradipto.

Bahkan menurut dia, ada tiga prioritas pembangunan jembatan, antara lain jembatan Dusun Banyumas 2 RT 01 ke RT 02, Dusun Banyumas 2 RT 02 ke pemakaman umum derta dusun Tangkil Desa Sumber Jaya ke dusun Banyumas 1 Ceringin Asri.