Puluhan Tokoh Masyarakat dan Adat Tolak Hendra Pj Kakon Rantautijang

Spanduk penolakan Pj Kakon Rantautijang/ Ist
Spanduk penolakan Pj Kakon Rantautijang/ Ist

Puluhan perwakilan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Pekon Rantautijang Kecamatan Pugung, menggeruduk Kantor Kecamatan setempat. Mereka menyampaikan aspirasi penolakan penempatan Penjabat Kepala Pekon (Pj Kakon).


Pada aksi itu, mereka membentangkan spanduk bertuliskan "Ganti Sekcamnya Pak Camat, dan Kami Minta Keadilan Jangan Curang."

Nurin, perwakilan tokoh masyarakat mengatakan, mereka menolak Hendra sebagai Pj Kakon. Menurut dia idealnya Pj Kakon itu adalah orang yang mengetahui dan memahami pekon tersebut, mulai dari wilayahnya, dan sosial masyarakatnya.

Pertemuan perwakilan tokoh masyarakat dan adat dengan camat/Ist

"Kami menginginkan pekon rantautijang dipimpin oleh Pj Kakon dari warga setempat, bukan orang dari luar kecamatan pugung, toh warga asli pekon ada yang mumpuni untuk jabatan itu," ungkap Nurin kepada camat setempat, Jumat (14/1).

Dijelaskan Nurin, tokoh masyarakat dan tokoh adat sebelumnya sudah sepakat untuk mengajukan Ahmad Yakup, warga pekon setempat sebagai Pj Kakon. Kesepakatan tersebut dibuktikan dengan tandatangan yang mereka ajukan kepada camat Desember lalu.

"Karenanya kami berharap Camat Pugung bisa meneruskan aspirasi mereka ke Bupati Tanggamus, dengan harapan Beliau bisa mengevaluasi penempatan Hendra sebagai Pj Kakon Rantautijang," tutupnya.

Ahmad Yani, Camat Pugung menyampaikan apresiasinya dan menyambut aksi damai perwakilan masyarakat tersebut. Namun terkait hal yang disampaikan, akan mereka bahas di internal kecamatan terlebih dahulu.

Kemudian akan disampaikan ke Pemkab Tanggamus, dan hasilnya akan diinformasikan kemasyarakat pekon secepatnya.

Menurut camat, pengangkatan dan penempatan Penjabat Kepala Pekon merupakan kewenangan Pemkab Tanggamus, atau yang membidanginya, kecamatan tidak mempunyai kewenangan dalam hal itu. 

Bupati Tanggamus telah mengangkat dan melantik Hendra dengan jabatan Kasubag Umum dan Keuangan pada Sekertariat Pemkab Tanggamus, sebagai Pj. Kakon Rantautijang, pada Selasa 11 Januari lalu.