Pun Edward Syah Pernong Titip Pesan untuk Irjen Kemendagri Komjen Tomsi

Pun Edward Syah Pernong/ Ist
Pun Edward Syah Pernong/ Ist

Prestasi Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Irjen Kemendagri) asal Lampung, Tomsi Tohir Balaw yang dinaikkan pangkat menjadi Komjen, menuai apresiasi Pemuka Adat Lampung.


Salah satunya dari Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Brigjen (Purn) Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Bkhak Yang Dipertuan Ke-23 Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bkhak Kepaksian Pernong.

"Sebagai kakaknya tentu saya sangat bersyujur kepada Allah Swt dan bergembira atas kepercyaan pimpinan atas kenaikan pangkat adik saya Tomsi Tahir Balaw menjadi Komisaris Jenderal, ini merupakan bagian  tidak terpisahkan dari struktur yang diembannya sebagai Irjen pada Kemendagri," ujar Pun Edward, saat dihubungi Kantor Berita RMOLLampung, Rabu (31/8).

Bagi semua masyarakat Lampung tentu bangga salah satu putra daerah mendapat kepercayaan dalam jabatan strategis yanh dipercayakan pimpinan ke pundaknya.

"Dan ini tentu merupakan buah kerja keras, kedisiplinan, loyalitas pada institusi dan pimpinan Polri," kata Pun Edward.

Sejatinya, lanjut Pun Edward, dalam diri Komjen Tomsi ada mengalir darah pejuang yang memiliki andil besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Oleh sebab itu tidak mengherankan jika Komjen Tomsi memiliki karir yang diharapkan akan menjadi kebanggan korps bhayangkara dalam berkiprah di Kemendagri.

Karir yang dicapai itu tentunya didasarkan pada semangat untuk mengabdi pada negara, melanjutkan cita-cita para leluhurnya di tanah Lampung, serta mewakili korp bhayangkara berkiprah di kementrian lembaga di luar korps bhayangkara dengan tantangan kerja yang spesifik tapi erat dengan pengalaman tugas dan kepemimpinannya dalam jabatan yang pernah disandangnya dalam struktur di Polri.

"Di sini kelak akan dituntut, kemampuan leadership yang assertif, normatif, proporsiaonal, lurus, dan mengantisipasi terhadap penyimpangan dan hal-hal yang akan merugikan dan menghambat kinerja pemerintahan," kata mantan Kapolda Lampung ini.

Selain itu, dengan posisi Komjen Tomsi Tahir sebagai Irjen Kemendagri, membuktikan ada paralelisitas komitmen untuk berkontribusi agar bangsa ini menjadi lebih baik. Tugas pokoknya sebagai Irjen Kemendagri adalah melakukan pembinaan dan  pengawasan internal Kemendagri maupun pengawasan kinerja tata kelola keuangan pemerintahan daerah.

Dengan pengalamannya di Polri, diharapkan tugas di Kemendagri itu akan dapat dilakukan dengan baik, sehingga dapat juga memberi kontribusi positif dengan kreatifitas-kreatifitas dinamisnya dalam memperkuat capaian Mendagri Tito Karnavian.

"Sebagai keluarga dan sebagai Raja Adat Kerajaan adat paksi Pak Sekala Brak - Kepaksian Pernong Lampung, dalam doa harapan serta syukur dan kebanggan saya titip pesan agar Komjen Tomsi dapat menjaga marwah keluarga dan masyarakat adat Lampung. Jalankan tugas baik dengan pendekatan legalistik-formalistik sesuai UU dan aturan yang berlaku, tapi juga jangan dilupakan dengan pendekatan kultural yang bersumber dari nilai-nilai kearifan lokal," ujar Pun Edward.

"Jadikan nilai-nilai kearifan lokal yang selalu dekat dengan keseharianmu untuk membina jajaran di Kemendagri dan jajaran di pemerintahan daerah. Selamat bertugas semoga Allah selalu melindungi dalam Berkah dan Hidayah," demikian Pun Edward.