Puting Beliung Rusak Sejumlah Rumah Di Tiga Kabupaten

Ilustrasi/RMOLLampung
Ilustrasi/RMOLLampung

Dua hari terakhir ini, angin puting beliung disertai hujan lebat merusak beberapa titik pemukiman warga di tiga kabupaten: Lampung Selatan, Lampung Timur, dan Pesawaran.


Di Lampung Selatan, angin kencang tersebut merobohkan beberapa rumah warga di Dusun Kualasekampung, Desa Bandaragung, Kecamatan Sragi, Jumat (9/4), pukul 17.30 WIB.

Di Lampung Timur, sedikitnya 15 rumah warga rusak di beberapa desa, Kecamatan Sekampung, Kamis malam (8/4).

Di Pesawaran, sedikitnya delapan rumah rusak di Desa Bangunsari dan Desa Trirahayu, Kecamatan Negerikaton, Kamis (08/4), pukul 18.00 WIB.

“Akibat terjadinya hujan disertai angin puting beliung menyebabkan juga kerusakan beberapa jalur listrik,” kata Kapolsek Gedongtataan, Kompol Hapran mewakili Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudi Hariyanto sebelumnya telah menginformasikan bahwa sejumlah wilayah berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di Lampung.

Rudi mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Di Lampung Timur, setelah cuaca kembali normal, Babinsa Koramil 429-11/Sekampung Serda Tugyiono bersama warga langsung berusaha mengatasi dampaknya.

Warga yang rumahnya rusak berat mengungsi ke rumah warga sekitarnya. Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis mengaku bangga personelnya reaktif mengatasi bencana warga.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan tanggap terhadap bencana, terutama warga yang rumahnya masih ada pohon-pohon yang besar.

Serda Tugiyono mengatakan bersama forkompimcam menyingkirkan pohon-pohon yang tumbang mengganggu lalu-lintas maupun menimpa rumah warga, termasuk koordinasi dengan PLN.