Rapid Test Massal Di Pasar Talangpadang, 3 Reaktif

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus, menggelar rapid test massal terhadap pedagang dan pembeli di Pasar Talangpadang, Senin (8/6).


Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Tanggamus Dewi Handajani selaku Ketua Gugus Tugas, Wakil Bupati, Forkopimda, para Asisten, Kepala OPD, Dirut RSUD Kota Agung, serta Camat, Uspika dan KUPT Puskesmas Kecamatan Talangpadang.

Bupati menyampaikan pelaksanaan rapid test menyasar pedagang dan pengunjung pasar.

Bupati menerangkan, rapid test massal diikuti 140 pedagang maupun pengunjung pasar. Di mana diketahui terdapat 3 orang yang reaktif.

Dari pemeriksaan tersebut tiga orang dinyatakan reaktif dan langsung mengikuti tes PCR (Polimerase Chain Reaction).

"Tes lanjutan ini mendeteksi virus dengan pengambilan sampel lendir dan dahak dari saluran pernafasan hingga tenggorokan. Sampelnya akan dikirim ke Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Lampung untuk memastikan negatif atau positif Covid-19. Untuk Hasil tes PCR keluar dalam beberapa hari," terang Bupati.

Bupati Tegur Masyarakat Langgar Protokol Kesehatan

Masih di tempat yang sama. Selain melaksanakan rapid test massal, Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda, menghentikan para pengendara mobil maupun pengendara motor yang tidak menggunakan masker.

Bupati menegur dan memberikan arahan agar mereka selalu menggunakan masker ketika keluar rumah.

Selanjutnya Bupati juga meninjau masjid yang ada di Pasar Talangpadang, dan melihat apakah telah mematuhi Protokol Kesehatan.

Di tempat itu, Bupati dan rombongan secara simbolis melakukan pemasangan lakban, sebagai tanda jaga jarak ketika salat.

Sekaligus meminta pengurus masjid agar mengimbau jemaahnya untuk selalu menggunakan masker dan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid 19.