Ratu Ratu Elizabeth II Melepas Haru Pemakaman Pangeran Philip

Proses pemakaman Pangeran Philip/Net
Proses pemakaman Pangeran Philip/Net

Kerajaan Inggris telah mengatarkan jenazah Duke of Edinburg Pangeran Philip ke peristirahatannya terakhir di Royal Vault Kastil Windsor, Sabtu (17/4).


Sebelumnya, kerajaan melakukan prosesi pemakaman selama 50 menit sebagai penghormatan terakhir terhadap suami dari Ratu Elizabeth II itu.

Dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (16/4),  suasana haru terasa ketika Ratu Elizabeth II yang mengenakan pakaian berkabung warna hitam, plus masker hitam berpotongan putih mengucapkan salam terakhirnya.

Tampak pula para keluarga dekat, yang juga mengenakan masker, duduk berjauhan untuk menjaga jarak saat mengikuti upacara pemakaman di kapel abad ke-15 tersebut.

Prosesi pemakaman Duke of Edinburgh ini hanya diikuti 30 orang, termasuk tiga orang kerabatnya dari Jerman.

Kabar meninggalnya Pangeran Philip disampaikan langsung oleh Ratu Elizabeth II melalui pihak Istana Buckhingam. Pangeran Philip disebut meninggal di usia 99 tahun.

"Dengan kesedihan yang mendalam, Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor. Pengumuman lebih lanjut akan dilakukan pada waktunya Keluarga Kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia untuk berduka atas kehilangannya," demikian keterangan pihak Istana Buckingham.