Ratusan Ribu PMKS Lampung Tak Tersentuh Bantuan Sosial

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi/ Vera Afrianti
Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi/ Vera Afrianti

Ratusan ribu Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Lampung belum tersentuh bantuan sosial dari pemerintah provinsi.


Ratusan PMKS tersebut tersebar di 15 kabupaten/kota yang terdiri dari anak terlantar, lanjut usia terlantar, disabilitas terlantar, tuna sosial terlantar dan lainnya.

"Ini jumlahnya luar biasa banyak 434.242 ribu orang. (Jumlah PMKS yang menjadi kewenangan provinsi Lampung)," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi, Selasa (14/6).

Penyebab tidak tersentuhnya ratusan ribu PMKS tersebut karena kurangnya anggaran yang diberikan Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos) kepada Dinas Sosial yang bersangkutan.

"Idealnya ini harus tersentuh semua namun karena keterbatasan fiskal anggaran, kita belum mampu menjangkau semuanya," kata dia.

Aswarodi mengatakan dari 434.242 ribu PMKS di Lampung yang tersentuh bantuan pemerintah baru 310 orang.

"Yang dilakukan layanan rehabilitasi di dalam panti melalui tujuh panti (Panti tersebut tersebar di 15 kabupaten/kota) dibawah Dinas Sosial Lampung ada 310 klien dari kapasitas maksimal 570 klien, dengan catatan perlu dilakukan rehabilitasi untuk mengoptimalkan daya tampung panti tersebut," katanya.

"Setiap tahun kita pasti bantu (PMKS) namun belum survive juga karena jangkauan ke PMKS masih sulit maksimal," tambah Aswarodi.

Dia berharap ditahun ini seluruh PMKS yang menjadi kewenangan provinsi bisa tersentuh bantuan sosial pemerintah sehingga dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya (jasmani, rohani, dan sosial) secara memadai dan wajar.

"Kita sedang support di tahun 2022 ini kita ajukan bagaimana semua PMKS yang menjadi kewenangan provinsi bisa kita sentuh, dari 434.242 paling tidak atau syukur-syukur 20 persen darinya lah dapat tersentuh," harapnya.