Regenerasi Kader, UKM-F Mahkamah FH Unila Gelar Upgrading

UKM-F Mahkamah FH Unila Gelar Upgrading/Repro
UKM-F Mahkamah FH Unila Gelar Upgrading/Repro

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)-F Mahasiswa Pengkaji Masalah Hukum (Mahkamah) Fakultas Hukum Universitas Lampung mengadakan kegiatan Upgrading untuk mengukuhkan anggota muda menjadi anggota tetap, Minggu (19/9).


Tema yang diangkat adalah “Menciptakan Kader UKM-F Mahkamah yang berintegritas. kritis, dan bertanggung jawab terhadap organisasi”.

Ketua pelaksana, Diaz Muhammad Hartawan, berharap dengan adanya kegiatan ini tidak hanya sekadar acara pengukuhan anggota. Namun, calon anggota juga dapat menyerap materi yang diberikan dengan baik dan dapat menjadi bekal dalam berorganisasi.

Ketua Umum UKM-F Mahkamah, Ahmad Muflihun, dalam sambutannya mengatakan bahwa regenerasi dalam sebuah organisasi sangatlah penting.

“Upgrading ini merupakan salah satu gerbang awal calon anggota muda menjadi anggota tetap” katanya.

Ketua umum berharap anggota yang sudah resmi dikukuhkan nanti dapat berkontribusi dalam setiap kegiatan UKM-F Mahkamah. 

Kemudian, turut hadir pembina UKM-F Mahkamah, Marlia Eka Putri AT, S.H.,M.H. yang mengatakan sejatinya manusia adalah makhluk yang berpikir, sesuai dengan ungkapan Deskartes Cogito Ergo Sum. 

Ia juga berharap kader-kader UKM-F Mahkamah dapat berpikir kritis sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai mahasiswa.

Hadir juga dalam acara tersebut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaaan dan Alumni FH Unila, Depri Liber Sonata, M. H dan sekaligus membuka acara tersebut.

Ia berpesan agar calon anggota dapat mengikuti acara sampai dengan selesai dan semoga acara tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Dalam pembukaan kegiatan ini juga dihadiri oleh DPM FH, Lembaga Kemahasiswaan dan Alumni UKM-F Mahkamah.

Kagiatan Upgrading ini diisi dengan empat materi pokok, yaitu Stadium General, Kepemimpinan Manajemen Organisasi (KMO), Gerakan Mahasiswa (Germa), dan Kesekretariatan.

Wahrul Fauzi Silalahi, S.H. menjadi pemateri Stadium General. Anggota DPRD Provinsi Lampung itu menjelaskan bahwa pentingnya integritas dalam berorganisasi, mengasah pemikiran-pemikiran kritis, dan tidak lupa akan tanggung jawabnya sebagai kader.

“Saya dulu juga pernah menjadi bagian dari UKM-F Mahkamah, sebagai Ketua Umum Periode 2005-2006 dan banyak berproses di UKM ini,” ungkap Anggota DPRD Provinsi Lampung ini. 

Ragil Jaya Tamara, dalam penjelasan materi KMO mengatakan kepemimpinan dan Manajemen merupakan aspek atau hal yang mendasar dalam majunya sebuah organisasi. Ia juga mengatakan bahwa menjadi anggota organisasi harus bisa memanajemen waktu antara kegiatan organisasi dan kuliah.

Selanjutnya, Gandi Aristomi Rala, dalam materi Gerakan Mahasiswa mengatakan bahwa sebagai mahasiswa kalian harus mempunyai jiwa kritis dan berintelektual karena dari kalianlah perubahan itu bisa terjadi.

“Hidup adalah melukis tanpa menghapus. Jadi, torehkan coretan terbaik kalian dan jadilah bagian dari sejarah,” ungkapnya.

Berikutnya, Dea Fadla Fitriana, dalam materi Kesekretariatan mengatakan bahwa sekretaris, sekretariat, dan kesekretariatan adalah hal yang sangat penting dalam keberlangsungan organisasi. 

“Sekretaris memiliki tiga fungsi, yaitu menjalankan segala perencanaan, pengelolaan, maupun mengontrol jalannya suatu organisasi agar berjalan dengan lancar,” katanya.

Setelah sesi materi dan tanya jawab, kegiatan itu dilanjutkan dengan games dan diakhiri dengan pengucapan janji serta pembacaan SK oleh ketua umum.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.30 wib sampai pukul 14.00 Wib. Peserta dalam kegiatan ini adalah kader UKM-F Mahkamah angkatan 2020 dan 2021.