Rekapitulasi Suara Calon Ahwa Belum Selesai, Sejumlah Nama Memimpin

Ketua PBNU Bidang Hukum dan Perundang-undangan, Robikin Emhas/ Tuti
Ketua PBNU Bidang Hukum dan Perundang-undangan, Robikin Emhas/ Tuti

Panitia Muktamar ke-34 NU tengah melakukan perhitungan dan rekapitulasi suara calon Ahwa Halli Wal Aqdi (AHWA) di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung. 

Ketua PBNU Bidang Hukum dan Perundang-undangan, Robikin Emhas mengatakan ada empat papan tulis besar dipecah menjadi dua, sehingga ada delapan lajur yang nantinya digabungkan menjadi satu. 

"(Pleno) belum bisa dimulai karena beberapa komisi belum selesai. Begitu pula perhitungan dan rekapitulasi calon anggota AHWA juga belum selesai," kata Robikin Emhas, Kamis (23/12). 

Robikin sendiri menyebut, sejumlah nama seperti KH Mustofa Bisri atau Gus Mus, Wapres KH Maruf Amin, KH Dimyati Rais, KH TG Turmudzi, hingga KH Miftachul Akhyar mentereng di papan tulis tabulasi. 

Kendati begitu, posisi 7, 8, 9 sendiri masih fluktuatif di antara berbagai nama. 

"Kalau sembilan nama, ya katakanlah dikali 590 (pemilih), ya ada 5 ribuan. Artinya kalau ada kabar beredar dengan jumlah perolehan suara yang tidak mencapai total segitu ya hoax," tambahnya. 

Setelah dipilih, sembilan anggota AHWA akan menentukan Rais Aam melalui musyawarah mufakat secara tertutup. Sosok yang dipilih menjadi Rais Aam dapat ditunjuk di antara sesama AHWA, atau di luar AHWA, dengan syarat memenuhi ketentuan.