Rektor Unila Beberkan Nama-nama Penyuapnya

Pengacara Rektor Unila Karomani, Resmen Kadafi dan Ahmad Handoko/Faiza
Pengacara Rektor Unila Karomani, Resmen Kadafi dan Ahmad Handoko/Faiza

Dua Pengacara Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani, yakni Ahmad Handoko dan Resmen Kadafi memberi sedikit bocoran soal siapa saja orang yang menyuapnya agar bisa lolos jalur Mandiri Unila tahun 2022.


Kadafi mengatakan, pihaknya telah mengantongi list nama-nama pihak-pihak pemberi suap dari Karomani. Namun, nama itu belum dapat dirilis lantaran Karomani belum diperiksa sebagai tersangka oleh KPK.

"Kami sudah mengantongi nama-nama lain, tinggal nanti penyidik arahnya mau kemana," ujar Kadafi, Jumat (2/9).

Ahmad Handoko menambahkan, pihaknya masih menunggu pemeriksaan lanjutan Karomani sebagai tersangka karena nama-nama itu aka ditulis dalam Berita Acara Perkara (BAP).

"Sementara kita sudah tau nama-nama tokoh-tokoh kita ada, tapi akan kita rilis setelah klien kami diperiksa sebagai tersangka," katanya.

Handoko menegaskan, Karomani berkomitmen  akan menjalani proses hukum dengan kooperatif dan akan membuka perkara suap jalur mandiri ini tanpa ada yang ditutupi.

Diketahui, KPK menetapkan empat orang tersangka dalam kasus suap penerimaan mahasiswa baru Unila tahun 2022. Di antaranya, Rektor Unila Karomani, Ketua Senat Muhammad Basri, Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila Heryandi, dan keluarga calon mahasiswa Andi Desfiandi.