Rektor Universitas Teknokrat Dorong Penggunaan Bahasa Lampung pada Berbagai Acara

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr HM Nasrullah Yusuf, S.E., MBA, saat menjadi narasumber dalam acara Siniar (Podcast) Kelasa di Kantor Bahasa Provinsi Lampung/ Humas UTI
Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr HM Nasrullah Yusuf, S.E., MBA, saat menjadi narasumber dalam acara Siniar (Podcast) Kelasa di Kantor Bahasa Provinsi Lampung/ Humas UTI

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr HM Nasrullah Yusuf, S.E., MBA, mendorong penggunaan Bahasa Lampung lebih kerap terdengar dalam masyarakat. Dalam berbagai ruang dan waktu, mulai lingkungan pendidikan hingga pemerintahan pada acara-acara resmi maupun santai.


Hal ini menurut Rektor, bertujuan untuk merawat sekaligus menghidupkan bahasa daerah sebagai salah satu aset atau kekayaan daerah dan bangsa. 

"Saya berimajinasi, saat acara wisuda di Universitas Teknokrat, orasi ilmiah misalnya,ada salah satunya yang disampaikan dalam Bahasa Lampung," jelas Rektor saat menjadi narasumber dalam acara Siniar (Podcast) Kelasa di Kantor Bahasa Provinsi Lampung, 28 November 2022.

Rektor juga menyontohkan pada acara resmi pemerintah daerah. Mulai gubernur hingga pejabat lainnya, menyampaikan sambutan dengan menggunakan Bahasa Lampung. "Misalnya Upacara 17-an. Memyampaikan sambutan dengan Bahasa Lampung," kata Rektor.

Termasuk lanjut Rektor di lingkungan sekolah. Ketika upacara hari senin, bisa diatur waktunya seperti satu bulan sekali bagi guru sebagai pembina upacara untuk menyampaikan sambutan dalam Bahasa Lampung.

Namun, Rektor juga mengakui ada kendala agar Bahasa Lampung bisa lebih kerap terdengar dalam masyarakat. Terutama adalah soal dibutuhkannya penerjemah.

Karenanya, untuk mencari solusi atas kendala itu, Rektor mengajak berbagai pihak untuk bersama-sama membicarakan dan merumuskan kebijakan dan langkahnya. "Ini demi menjaga dan menghidupkan kekayaan daerah dan bangsa," demikian Rektor.