Ridho-Bachtiar Sukses Bangun Sektor Pertanian

RMOL-Dalam kurun waktu 3 tahun, kepemimpinan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri diakui masyarakat telah program yang sudah dirasakan dan langsung menyentuh kepada rakyat.


RMOL-Dalam kurun waktu 3 tahun, kepemimpinan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri diakui masyarakat telah program yang sudah dirasakan dan langsung menyentuh kepada rakyat.
Hal itu terungkap dalam silaturahmi antara Cagub Lampung Ridho Ficardo bersama masyarakat saat  Desa Astomulyo, Punggur Lampung Tengah, Selasa (4/3).
Program bantuan sumur bor, pertanian, hingga kepada sinergitas kebijakan strategis memperkuat swasembawa pangan nasional, sudah kami rasakan,├óÔé¼┬Ø ujar  Ketua Kelompok Tani Desa Astomulyo, Sama Maju.
Kami telah merasakan, ujarnya  program yang digulirkan oleh Ridho Ficardo. Banyak yang sudah kami rasakan untuk kemajuan warga desa,├óÔé¼┬Ø ungkap Sama Maju.
BACA: Lampung Peringkat 4 Nasional
BACA: Lahan Pertanian Berkurang
Menurut Ketua Kelompok Tani Desa Astomulyo, tahun 2017 lalu, warga desa mendapat bantuan sumur bor untuk pengairan tanaman hortikultur dengan memanfaatkan pekarangan.
Alhamdulilah sekarang sudah menghasilkan banyak buah dan sayur. Seperti pepaya, nanas, kacang panjang, kangkung, terong, timun. Kami sudah bisa jual ke pasar,├óÔé¼┬Ø ujarnya.
Keberhasilan warga yang tergabung Kelompok Tani Desa Astomulyo itu mendapat apresiasi yang baik dari Calon Gubernur Lampung Nomor Urut 1. Kami turut bangga atas keberhasilan, bapk dan ibu semua,├óÔé¼┬Ø ujar Ridho Ficardo.
"Seyogyanya pemerintah hanya memberikan fasilitas hingga program yang manfaat untuk bapak ibu petani. Itu semua demi mempermudah kinerja dan mengahasilkan capaian yang baik," terang Gubernur Lampung non-aktif ini.
Kata Ridho, semua program-program pertanian yang selama ini dilaksanakan Pemerintah Provinsi Lampung, selalu diselaraskan dengan program strategis.
Pada acara yang sama, perwakilan Gapoktan Maju Bersama, Desa Sukadamai, Jatimulyo,  Irsan mengungkapkan keberhasilan desanya dalam mengembangkan padi Singgang atau padi dengan sistem tanam Singgang. Sekali tanam bisa panen dua kali,├óÔé¼┬Ø terang Irsan.
Menurut Irsan, desanya juga sudah banyak menghasilkan sayur mayur dan buah yang dapat dijual dipasar. Namun dirinya juga memohon bantuan agar M Ridho Ficardo dapat membantu pemasarannya.
Kami berharap hasil panen tidak cuma dipasar sini pak, tapi bisa dijual sampai ke Bandarlampung atau bahkan masuk supermarket," ujarnya.
Menanggapi hal tersebut, Ridho menyatakan, akan mencoba membantu petani terkait permasalahan-permasalahan yang ada, termasuk dalam pemasaran hasil panen.[try]

Berita Sebelumnya

Bravo Lima

Berita Berikutnya

Keindahan Suara Azan