Ridwan Kamil Sumringah, RUPST bank bjb Tebar Dividen Rp1,042 Triliun

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) bank bjb di Grand Ballroom Trans Luxury Hotel Bandung, Rabu (30/3)./Dok
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) bank bjb di Grand Ballroom Trans Luxury Hotel Bandung, Rabu (30/3)./Dok

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk, (bank bjb) menyetujui  penggunaan laba bersih perseroan termasuk pembagian dividen untuk Tahun Buku 2021 sebesar Rp1,042 triliun atau Rp 99,11 per lembar saham. Angka tersebut setara dengan 51,77 persen dari laba bersih yang dibukukan bank bjb di Tahun Buku 2021.


RUPST bank bjb tersebut digelar di Grand Ballroom Trans Luxury Hotel Bandung, Rabu (30/3). Rapat umum ini dihadiri seluruh kepala daerah provinsi/kabupaten/kota se-Jawa Barat dan Banten atau kuasanya serta para pemegang saham publik.

RUPST juga memberi persetujuan atas Laporan Tahunan Direksi termasuk pengesahan Laporan Keuangan Perseroan dan Laporan Pelaksanaan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris untuk Tahun Buku 2021.  RUPST juga memberikan pelepasan atau pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et decharge) kepada anggota Direksi dan Dewan Komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dilaksanakan sepanjang Tahun Buku 2021.

Selain itu, dilakukan pula penunjukan Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2022, dilanjutkan dengan penyampaian Laporan Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum Perseroan, persetujuan dan pengkinian Rencana Aksi (Recovery Plan) Perseroan, Laporan Rencana Aksi Korporasi Perseroan, Perubahan Anggaran Dasar Perseroan.

Terhadap performa dan kinerja  bank dengan kode emiten BJBR itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku sangat bangga. Apalagi, deviden yang dibagikan tahun ini naik cukup signifikan.

"Performa bank bjb naik dari mulai aset, kredit dan lainnya. Termasuk yang terpenting bagi pemilik saham yaitu dividennya naik. Tahun lalu Rp941 miliar, tahun ini naikan Rp100 miliar jadi menjadi RpRp1,042 triliun, akan dibagikan ke seluruh pemegang saham. Menandakan bahwa bank bjb juara, luar biasa dan menjadi kebanggaan kita," kata Ridwan Kamil.

Pria yang biasa disapa Kang Emil  itu menambahkan, bank bjb menunjukan kinerja yang memuaskan dari semua lini. Sebagai bank daerah, bank bjb kini berada di peringkat ke-14 bank terbesar dari 107 bank yang ada di  Indonesia.

"Ini menjadikan bank bjb satu-satunya BPD terbesar di Indonesia," tandas Ridwan Kamil.