Rika Thohir Kunjungi UMKM dan Pengerajin Tenun Sulam Jelujur di Gedong Tataan

Rika Thohir dan Dendi Ramadhona saat kunjungi UMKM/ Rama
Rika Thohir dan Dendi Ramadhona saat kunjungi UMKM/ Rama

Ketua Yayasan Pertiwi Indonesia Rika Thohir mengunjungi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pengerajin tenun sulam jelujur di Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran.


Kedatangan Istri Menteri BUMN Erick Thohir tersebut disambut langsung Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi.

"Selamat datang Ibu Rika Thohir di Kabupaten Bumi Andan Jejama ini. Perlu diketahui Desa Sungai Langka banyak memiliki potensi wisata diantarannya agro wisata tanaman coklat dan tanaman jeruk. Lalu ada juga pemandian dari jaman Belanda dan penenun sulam jelujur yang masih membutuhkan pembinaan untuk go internasional," kata Dendi saat memberikan sambutan, Rabu (11/5).

Dikatakannya, Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan masyarakatnya rukun dan guyub, sehingga banyak kreatifitas yang dituangkan juga memiliki nilai luhur seni dan budayanya.

"Pengerajin tenun sulam jelujur dalam membuatnya di rumah-rumah, dan hasilnya sebagai tambahan pendapatan ekonomi keluarga. Mudah-mudahan nanti ada arahan dan bantuan yang dapat diberikan oleh Ketua Yayasan Pertiwi Ibu Rika Tohir," ujarnya.

Sementara, Ketua Yayasan Pertiwi Indonesia Rika Thohir mengatakan bahwa para pengerajin sulam jelujur sangat beruntung memeliki Bupati dan Ketua Dekranasda yang peduli.

"Hasil karya para pengerajin ini sangat luar biasa dan kita akan dukung hingga go internasional. Insya Allah bukan September 2022 hasil kerajinannya akan dipamerkan di galery Sarinah Jakarta di pameran nasional bekerja sama dengan Bank BNI 46," kata Rika.

Menurutnya, tampilnya sulam jelujur sebagai produk kerajinan Kabupaten Pesawaran di Galery Sarinah Jakarta merupakan kerja keras Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang telah memaparkan hasil kerajinan khas daerahnya.

"Pak Bupati Dendi telah berhasil memaparkan hasil karya kerajinan masyarakatnya di Jakarta, dan hasilnya ternyata sangat luar biasa. Kedepan kita lebih tingkatkan dengan bebagai inovasi yang lebih baik lagi," timpalnya.