RS Kekurangan Ventilator, Kadiskes Klaim Segera Terima Bantuan

Reihana/RMOLLampung
Reihana/RMOLLampung

RS Kekurangan Ventilator, Kadiskes Klaim Segera Terima Bantuan


Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lampung Reihana menyebutkan, memang ada sejumlah rumah sakit di Lampung yang mengalami kekurangan ventilator.

Tetapi dalam waktu dekat ini Pemprov akan mendapatkan bantuan ventilator untuk menambah jumlah dibeberapa rumah sakit rujukan.

"Beberapa rumah sakit rujukan Covid-19  memang kekurangan ventilator, insyaallah dalam waktu dekat ini kita akan dapat bantuan. Tapi saya tidak mau menyebutkan dari mana bantuan tersebut, namun ini sudah terinfokan ke kami," tegasnya di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Lampung, Kamis (17/9).

Kemudian, bantuan ventilator tersebut akan dibagi ke beberapa rumah sakit sesuai jumlah perkembangan kasus di daerahnya. "Ventilator alhamdulillah kita sudah mendata tadi diseluruh kabupaten/kota di tempat tidur kami. Ada dengan tekanan negatif 24 dari 36 rumah sakit rujukan," kata Reihana.

Pantauan Kantor Berita RMOLLampung ada sekitar lima kabupaten yang kekurangan ventilator yakni Lampung Utara, Pringsewu, Lampung Selatan, Lampung Tengah, dan Pesawaran.

Ventilator adalah alat bantu pernapasan bagi pasien yang mengalami masalah pernapasan.