Ruangan Azis Syamsuddin Digeledah KPK

Penyidik KPK ketika tiba di dalam Gedung Nusantara III DPR RI/Repro
Penyidik KPK ketika tiba di dalam Gedung Nusantara III DPR RI/Repro

Penyidik KPK membawa empat koper ketika menggeledah ruang kerja Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin di Gedung Nusantara III DPR RI, Rabu (28/4), pukul 18.00 WIB. 


Ketika hendak masuk gedung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta tersebut, tim penyidik sempat tertahan agak lama oleh Pasukan Pengamanan Dalam (Pamdal) DPR RI. 

Salah satu penyidik lalu membacakan surat penggeledahan. Wartawan yang tengah berada di sekitar lokasi diminta masuk ke dalam ruang media center di gedung yang sama. 

Dari video yang sempat terekam dari gawai wartawan, penyidik KPK datang dengan pengawalan petugas kepolisian. Mereka membawa empat koper ke dalam gedung.

Sementara itu, Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan, Habiburrokhman membenarkan bahwa penyidik KPK datang menggeledah ruang kerja Azis Syamsuddin.

“Iya benar di ruangan Azis,” ucap Habiburrokhman saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (28/4). 

Secara terpisah, saat dikonfirmasi, Plt Jubir penindakan KPK Ali Fikri juga membenarkan bahwa tim penyidik melakukan penggeledahan di Gedung DPR malam ini.

"Penggeledahan dilakukan tentu dalam rangka pengumpulan bukti-bukti terkait perkara dimaksud," kata Ali .

"Saat ini kegiatan sedang berlangsung dan untuk perkembangan selengkapnya akan kami informasikan kembali," imbuhnya.

Dalam kasus ini, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin terseret karena diduga menjadi jembatan antara oknum KPK Stepanus dan Wali Kota Tanjungbalai Syahrial.

Terkait hal tersebut, Azis pun diadukan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Namun, Habiburokhman, menyatakan pihaknya belum membahas dugaan pelanggaran kode etik yang dilakuka Azis.

Menurutnya, aduan yang dilayangkan oleh Wakil Ketua Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) Kurniawan Adi Nugroho itu baru akan dibahas pihaknya setelah masa reses DPR berakhir pada 6 Mei 2021.