Sampah Plastik Masih Dominasi Sungai di Telukbetung Selatan

Sampah di sekitar Sungai Gudang Agen, Teluk betung Selatan, Bandar Lampung / Faiza
Sampah di sekitar Sungai Gudang Agen, Teluk betung Selatan, Bandar Lampung / Faiza

Persoalan sampah di sungai Teluk betung Selatan Bandar Lampung masih jauh dari kata bersih. Tumpukan sampah masih dapat dijumpai di pinggiran sungai, salah satunya di sungai Gudang Agen, Pesawahan, Kamis (26/5).


Berdasarkan pantauan Kantor Berita RMOLLampung, sampah tersebut mayoritas merupakan sampah plastik, styrofoam, hingga sampah rumah tangga. 

"Memang kebanyakan bungkus makanan dan sampah dari warga, karena masih banyak warga yang buang sampah ke sini," ujar Asep Muslihin, salah satu warga setempat. 

Asep melanjutkan, sampah yang berada di sungai tak hanya akibat perilaku buang sampa sembarangan, melainkan juga kiriman dari laut. 

"Biasanya bukan cuma kiriman, masih banyak sih yang buang sampah ke sungai. Cuma memang ada juga kiriman, namanya air kan ngalir," sambungnya. 

Hal senada disampaikan warga Pesawahan, Sulaiman. Ia melanjutkan, masih banyak warga yang membuang sampah ke sungai. 

Menurutnya, seharusnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung menyediakan tempat sampah di sekitar bantaran sungai agar warga tidak membuang sampah langsung ke sungai. 

"Tapi harus ada petugas kebersihan yang ngambil sampah itu setiap harinya, supaya tidak numpuk dan malah bikin masalah baru," kata dia. 

Ia melanjutkan, dulu pernah ada bak sampah yang dibuat dari semen, warga sudah mulai rajin membuang sampah di sana. Namun, tidak ada petugas pengangkut sampah, akhirnya menimbulkan bau di lingkungan sekitar. 

"Akhirnya warga mulai buang sumpah lagi ke sungai. Mudah-mudahan ada solusinya dan pemerintah kota," pungkasnya.