Sandiaga Uno Beberkan 3 Strategi Bisnis Tembus Pasar Internasional

Sandiaga Uno/ Vera
Sandiaga Uno/ Vera

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno telah menyiapkan tiga strategi agar pelaku usaha kopi robusta Lampung bisa tembus pasar internasional atau mendunia.


Tiga strategi agar tembus pasar internasional tersebut antara lain Creativity Consisten, Commitment atau sering disebut dengan strategi 3C. 

"Menurut saya ada tiga hal yang perlu dilakukan supaya para pelaku usaha kopi robusta di Lampung bisa tembus pasar internasional atau go internasional yakni dengan 3 C," katanya saat talkshow di Mall Boemi Kedaton Bandar Lampung, Sabtu (23/10).

Ia menjelaskan C yang pertama Creativity. Ini menitik beratkan pada konsep, inovasi, kolaborasi dan adaptasi suatu produk guna memberikan daya tarik tersendiri yang mampu memikat pasar internasional atau dunia.

"Salah satunya iya ini (Sambil menunjukkan salah satu produk kopi robusta asli Lampung ke para pelaku usaha yang hadir di talks show), ini produk kreatif banget karena ini konsepnya duet dengan ikon Lampung dan robusta," kata Sandiaga.

Lanjutnya, C yang kedua yakni Consistent. Dimana seorang pelaku usaha kopi robusta diwajibkan atau diharuskan untuk selalu konsisten baik itu didalam kondisi apapun.

"C yang kedua para pelaku usaha ekonomi dan kreatif terutamanya di bidang olahan kopi robusta harus konsisten. Kita itu kalau jualan harus konsisten dengan produk yang ditawarkan baik itu cita rasa, kemasan dan lainnya harus konsisten," ujarnya.

"Jangan cepat berubah supaya konsumen kita yang setia tidak beralih ke yang lainnya. Sekali lagi yang namanya istiqomah dan konsisten memang sulit. Kita memulai memang oke, tapi tahap selanjutnya itu yang sulit," jelas Sandiaga Uno.

Kemudian, untuk C yang ketiga yaitu Comitment artinya para pelaku usaha kopi robusta harus mempunyai komitmen yang baik dalam memajukan suatu produk khas Lampung supaya semua usaha yang dilakukan tidak sia-sia.

"Harus komitmen yang ketiga, baik itu pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota, DPRD, DPR semua harus berkomitmen untuk memajukan robusta Lampung ini hingga ke internasional. Semangat semuanya, semangat iya terimah kasih," tutupnya.