Sate Padang Sidi, 51 Tahun Melegenda Hingga Tiga Generasi 

Sate Padang Sidi/ Dok
Sate Padang Sidi/ Dok

Sate Padang adalah salah satu kuliner yang populer di Indonesia, termasuk di Lampung. Di Ibu Kota Provinsi Lampung, ada Sate Padang yang sudah melegenda, usianya lebih dari setengah abad. 


Adalah Sate Padang Sidi yang kini akan berulang tahun ke 51 tepatnya tanggal 4 November 2021 mendatang.

Sate ini berada di Jalan Hayam Wuruk No 162, Kelurahan Kebun Jeruk, Tanjungkarang Timur, Kota Bandarlampung atau dekat Pasar Tugu. 

Sate Padang Sidi buka setiap hari sejak pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB dengan dua menu andalan. Di pagi hari, mulai Pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB menunya adalah ketupat sayur. 

Harga ketupat sayurnya Rp10.000 jika menggunakan telur, Rp23.000 jika menggunakan rendang serta Rp28.000 untuk harga paket komplit. 

Sementara itu, untuk mencicipi rasa sate yang sudah berdiri sejak 4 November 1970 ini, hanya perlu merogoh kocek Rp28.000. Satu porsinya berisi 10 tusuk sate daging dan lidah sapi, ketupat dan bumbu sate padangnya yang memanjakan lidah. 

Rasa bumbu Sate Padang Sidi sedikit pedas tapi terasa segar, sangat gurih dengan tekstur dari tepungnya yang kental membuatnya semakin nikmat. Apalagi jika makan didampingi kerupuk kulit atau biasa disebut kerupuk jangek. 

Bagi yang ingin mencicipi nikmatnya Sate Padang Sidi, bisa datang sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. 

Eni Yuliana, Owner Sate Padang Sidi mengatakan, dirinya adalah generasi ketiga yang menjalankan bisnis keluarganya ini. Dirinya selalu berusaha menjaga cita rasa sejak awal berdiri. 

Bumbunya sate ini, lanjutnya, terdiri dari lebih dari 12 jenis rempah tradisional yang diolah sendiri, begitu juga tepung berasnya digiling sendiri untuk menjaga cita rasa selama tiga generasi. 

"Ketupat dan daging sapinya dipilih sendiri, setelah direbus oleh karyawan, biasanya saya coba sendiri, saya selalu berusaha merasakan sebagai konsumen untuk menjaga kepuasan pelanggan," ujarnya. 

Ia melanjutkan, peran media sosial dan teknologi sangat berperan dalam perjalanan bisnis Sate Padang Sidi. Bahkan, akun instagramnya @satepadangsidi sudah memiliki lebih dari 5000 pengikut. 

Sehingga saat pandemi covid-19 melanda, bisnisnya tetap bertahan bahkan bisa memanfaatkan peluang dengan aplikasi jasa antar makanan online. 

Dengan media sosial juga, Sate Padang Sidi bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dari berbagai daerah, mulai dari di Lampung hingga nasional. 

Tagline Sate Padang Sidi adalah sate padang terhits dan langganan para pejabat Lampung. Tagline ini bukan isapan jempol belaka, Eni mengatakan, awalnya Sate Padang Sidi dipesan untuk acara ulang tahun, acara keluarga dan pernikahan. 

Lama kelamaan, disebar dari mulut ke mulut, Sate Padang Sidi mulai dikenal di lingkungan Dinas-dinas hingga Gubernur Lampung. Teranyar, Sate Padang Sidi dipercaya Gubernur Arinal Djunaidi untuk menyajikan makanan untuk Presiden Jokowi saat berkunjung ke Lampung beberapa waktu lalu. 

"Pokoknya, kualitas yang nomor satu, di mana pun kita berada, kalau lidah konsumen udah kena insyaallah pelanggan pasti kembali, dan customer servicenya yang harus baik," pungkasnya.