Satlantas-Diskes Tes Covid-19 Secara Acak di Pasar Sarinongko

Tes Covid-19 di Pasar Sarinongko/ Nurul Ikhwan
Tes Covid-19 di Pasar Sarinongko/ Nurul Ikhwan

Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Pringsewu menggandeng tenaga medis dari Dinas Kesehatan menggelar tes covid-19 secara acak terhadap pengguna jalan dan masyarakat yang beraktifitas di Pasar Sarinongko.


Kegiatan dipimpin Kasat Lantas Iptu Ridho Grisyan dengan didampingi sejumlah personel Satlantas dan tenaga medis dari dinas kesehatan Pringsewu.

Kasat mengungkapkan, kegiatan dilakukan dalam rangkaian operasi patuh Krakatau 2021 guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

lanjutnya, tes covid bertujuan mengantisipasi penyebaran covid-19 sejak dini. Apabila ditemukan pengendara atau masyarakat yang reaktif, pihaknya akan merekomendasikan untuk pemeriksaan lanjutan di rumah sakit rujukan.

"Sebagian besar penderita Covid-19 adalah orang tanpa gejala (OTG) sehingga tanpa disadari si penderita bisa menularkan kepada orang lain," kata Ridho, Minggu (26/9). 

Disampaikan Kasat, dalam kegiatan tersebut tim berhasil melakukan tes terhadap 32 orang yang dipilih secara acak dan merupakan para pengguna jalan maupun masyarakat. 

"Alhamdulillah keselurahan orang yang dilakukan tes hasilnya non reaktif (negativ) Covid-19" terang Ridho. 

Sementara itu, Mela (24) salah satu peserta tes awalnya mengaku takut saat dilakukan tes, namun setelah dijalani dirinya merasa lega karena hasilnya terbukti non reaktif Covid-19.

"Sebelumnya saya belum pernah menjalani tes, jadi tadi sempat takut, namun setelah hasilnya keluar saya senang dan lega karena saya non reaktif," ujarnya.

Senada dengan Mela, Alfian (28) juga mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Satlantas Polres Pringsewu dan tenaga dalam mengantisipasi penyebaran covid di wilayah Pringsewu.

"Di pasar ini kita selalu berinteraksi dengan banyak orang, kita tidak tau siapa yang terpapar atau tidak. Dengan adanya tes ini tentunya sangat membantu dalam mengidentifikasi orang orang yang kemungkinan sedang terpapar Covid-19," ungkap Alfian.