Satu Dosen, Pegawai Dan Mahasiswa Itera Positif Covid-19

Itera/Net
Itera/Net

Satu dosen baru Institut Teknologi Sumatera (Itera) terpapar positif Covid-19 pada Jumat (21/8).


Humas Itera, Rudiyansyah mengatakan memang benar bahwa ada dosen baru, pegawai, dan mahasiswa yang terdeteksi positif Covid-19. Ketiganya sudah dilakukan rapid test hasilnya reaktif dan dilanjutkan dengan swab yang hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19.


"Seluruh calon dosen telah dilakukan rapid test Selasa (18/8) lalu dan didapati satu dosen baru yang memiliki riwayat perjalanan dari Lubuk Linggau Sumatera Selatan  hasilnya reakif Covid-19, sehingga yang bersangkutan diminta untuk melakukan isolasi mandiri dan menjalani tes swab dengan hasil positif Covid-19, sebagai orang tanpa gejala (OTG) yang sedang menjalani isolasi di RS. Bandar Negara Husada, Lampung Selatan," kata Rudiyansyah saat dikonfirmasi terkait satu dosen Itera  terkonfirmasi positif Covid-19, Kamis (27/8). 


Ia menambahkan Itera melalui Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) senantiasa memantau perkembangan dosen baru tersebut, dan tetap berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan dan Provinsi Lampung. 


"Itera juga memastikan bahwa dosen baru yang positif terpapar Covid-19 tersebut belum beraktivitas di dalam lingkungan kampus. Meski demikian, Itera tetap melakukan tracing dan hanya mendapatkan satu pegawai yang pernah bertemu dengan dosen baru tersebut," tambahnya. 


"Itera telah meminta satu pegawai yang berinteraksi tersebut langsung melakukan karantina mandiri, dan akan segera melakukan rapid test kepada yang bersangkutan," jelasnya.


Selain dua pasien tersebut adalagi satu calon mahasiswa baru yang positif terpapar Covid-19.


"Satu calon mahasiswa ini telah melakukan rapid test secara mandiri di luar kampus dan hasilnya  reaktif lalu langsung dilanjutkan dengan swab yang hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19  sebagai orang tanpa gejala," ujarnya. 


Selanjutnya dengan berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Covid-19 Lampung Selatan, calon mahasiswa baru yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut segera ditangani sesuai protokol, dan menjalani isolasi di Rumah Sakit Airan, Lampung Selatan.


Berdasarkan hal tersebut, kami sampaikan bahwa dengan diberlakukannya Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 secara ketat di lingkungan kampus, Itera dapat mendeteksi secara dini orang-orang yang terpapar covid-19, sebelum mereka beraktivitas di Kampus dan berinteraksi dengan sivitas akademika Itera. Sehingga tidak mengganggu aktivitas di lingkungan kampus.