SBY Pamer Konsep Pemindahan Ibukota Di Jawa Barat

Rencana Pemindahan Ibu Kota oleh Presiden Joko Widodo mendapat tanggapan dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.


Tokoh politik yang biasa dipanggil SBY ini mengapresiasi langkah Presiden, seraya memaparkan konsep pemindahan ibukota yang ada dibenaknya saat masih menjabat sebagai Presiden RI keenam.

"Selaku Presiden saya juga pernah memikirkan untuk membangun pusat pemerintahan yang baru," katanya di Jakarta Convention Centre, Jakarta Pusat, Rabu (11/12) malam.

Seolah tak mau kalah dengan Jokowi alias pamer, SBY merinci konsep pemindahan ibukotanya yang meniru pemerintahan Malaysia.

"Konsep kami memang sedikit berbeda. Pusat pemerintahan baru yang kami pikirkan dulu terletak di kawasan Jawa Barat, dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam dari Jakarta, menuju ke arah timur," terang SBY.

"Konsep ini seperti yang dilakukan Malaysia, yang membangun Putra Jaya sebagai pusat pemerintahan baru, di luar Kuala Lumpur," sambungnya.

Namun, SBY mengakui kalau pemerintahannya tidak berhasil memindahkan ibukota negara, karena pendanaan pemerintahannya saat itu tidak mencukupi.

Oleh karena itu, SBY menyarankan kepada Jokowi untuk mempersiapkan perencanaan yang matang terkait rencana besar ini.

"Demokrat mengingatkan agar perencanaan strategis pemerintah benar-benar disiapkan dengan seksama," tambahnya.