SDN Umbulbuah II Kota Agung Timur Simulasi ANBK

SDN Umbulbuah II Kota Agung Timur Simulasi ANBK/ Zairi
SDN Umbulbuah II Kota Agung Timur Simulasi ANBK/ Zairi

SDN Umbulbuah II Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, melaksanakan simulasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) gelombang IV sesi I dan sesi II, di SDN I Kampung Baru kecamatan setempat.


Kepala SDN Umbulbuah II, Rudi Efendi mengatakan, sebanyak 24 siswa kelas V selama dua hari mengikuti simulasi ANBK 2021, sebagai upaya memperkenalkan soal ANBK yang diantaranya berupa soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, survei lingkungan belajar. 

Disamping itu simulasi ANBK bertujuan untuk memperkenalkan kepada peserta didik, cara menggunakan crombook atau perangkat komputer, agar saat pelaksanaannya peserta didik dapat melaksanakan dengan lancar dan sukses.

"Pelaksanaan simulasi dipandu dan diawasi petugas dari SDN Umbulbuah II, terdiri dari 1 orang proktor, 1 teknisi, serta 2 orang pengawas, dan didukung sinyal internet yang bagus sehinga tidak ada kendala dalam pelaksanaannya," jelasnya kepada kantor berita RMOLLampung, Rabu (3/11). 

Dijelaskan Rudi, ANBK tersebut resmi menjadi penganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serta perubahan evaluasi pembelajaran, yang telah diluncurkan pada tahun 2019 sebagai satu produk dari Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.