Sebagian Jalan Wr Monginsidi Diganti Jadi Jalan Jaksa Agung RI R. Soeprapto

Peresmian Jl Jaksa Agung RI R. Soeprapto/Ist
Peresmian Jl Jaksa Agung RI R. Soeprapto/Ist

Jalan Wolter (Wr) Monginsidi tepatnya di sekitar Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung beralih nama menjadi Jalan Jaksa Agung RI R. Soeprapto. Peresmian dengan pemasangan plang nama jalan, Jumat, (23/7).


Peresmian dilakukan Kepala Kejati Heffinur bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay, Walikota Bandarlampung Eva Dwiana dan Kepala Balai Besar Jalan Nasional Provinsi Lampung Rien Marlina. 

Perubahan nama jalan ini ditetapkan dalam SK Walikota Bandarlampung Nomor: 420/1.01/HK/2021 Tanggal 11 Mei 2021 tentang Perubahan Nama Jalan pada penggalan sebagian ruas jalan. 

Ruas jalannya meliputi dari Jl. Ikan Tenggiri dan Jl. Ikan Bawal (Depan PT. Wahana Raharja) sampai dengan Jl. Dr. Warsito (Tugu Kopiah Siger).

Kepala Kejati Lampung Heffinur mengatakan, nama jalan ini diambil sebagai penghargaan kepada Jaksa Agung R. Soeprapto yang telah berjasa kepada negara dalam penegakan supremasi hukum.

R. Soeprapto menjabat sebagai Jaksa Agung selama sembilan tahun sejak 2 desember 1950 hingga 4 juli 1959. Pria kelahiran 17 Maret 1896 ini menjadi satu-satunya Jaksa Agung yang menjabat selama 9 tahun. 

R. Soeprapto dikenal sebagai sosok yang memiliki kewibawaan besar dan gigih dalam mempertahankan hukum dan setiap undang-undang yang berlaku. Bahkan beliau tak segan mempertaruhkan nyawanya demi mempertahankan keyakinannya. 

"Bagi R.Soeprapto prinsip yang selalu dipegang teguh adalah keadilan, keyakinan dan kejujuran sehingga tak terpengaruh oleh apapun juga," kata dia.