Sebanyak 1 Juta Lebih Kendaraan Lintasi JTTS Selama Nataru

Pintu tol JTTS/Ist
Pintu tol JTTS/Ist

PT Hutama Karya (Persero) mencatat selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 total volume lalu lintas (VLL) yang melintas dari arah Pulau Jawa menuju Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mencapai 1.055.132 kendaraan.


"Lonjakan paling tinggi yakni di hari Rabu (22/12) hingga Kamis (30/12) sebanyak 1.055.132 kendaraan yang melintas di JTTS," kata Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, Selasa (4/1).

Ia mengatakan angka tersebut merupakan akumulasi dari total VLL keseluruhan ruas JTTS yang dikelola oleh Hutama Karya.

"Adapun angka (1.055.132) tersebut merupakan akumulasi dari total VLL keseluruhan ruas JTTS yang kami kelola saat ini," katanya.

Bukan hanya itu, trafik kendaraan tertinggi pada arah JTTS pun terjadi pada Rabu (22/12) dengan VLL di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan mencapai 7.328 kendaraan. 

Sedangkan untuk trafik arus balik dengan lonjakan tertinggi terjadi pada Minggu (2/1) sebanyak 6.488 kendaraan.

“Puncak arus kendaraan terjadi pada hari Minggu kemarin dengan jumlahh kendaraan sebanyak 6.488 kendaraan,” ujar Koentjoro.

Ia menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi kententuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan.

"Serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps," himbau Koentjoro.